-->


 



 


 

Serbuan Teritorial Kodim 1412/Kolaka Lakukan Penanaman Budidaya Tanaman Porang

 


KOLAKA,Sulawesibersatu.com -- Kodim 1412/Kolaka adalah satuan teritorial TNI AD yang memiliki wilayah teritorial Kab.Kolaka,Koltim,Kolut melalui program kodim Setempat, Serbuan teritorial Babinsa Koramil 1412-02/Wundulako  laksanakan penanaman  budidaya tanaman Porang,  Senin 16/11/2020



Dandim  1412/Kolaka Letkol Inf Risa Wahyu Pudji Setyawan BS.,M.Han melalui Serda Aksar melaksanakan program Serbuan Teritorial, mengajak masyarakat Wundulako melaksanakan pembudayaan tanaman Porang.


Aksar Babinsa Setempat menjelaskan, "Tanaman Porang masuk dalam jenis umbi-umbian dan juga termasuk ke dalam jenis tanaman obat. Kandungan glukomanan yang dimilikinya menjadi salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Porang adalah tanaman yang toleran dengan naungan hingga 60%. Porang dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja, diketinggian 0 sampai 700 mdpl. Bahkan, sifat tanaman tersebut dapat memungkinkan dibudidayakan di lahan hutan di bawah naungan tegakan tanaman lain. Untuk bibitnya, biasa digunakan dari potongan umbi batang, maupun umbinya yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak (bubil) yang ditanam secara langsung. Masa panen tanaman ini berumur 1 tahun ataupun lebih dari setahun", ujarnya.


"Manfaat  tanaman Porang untuk kesehatan yang diperoleh dari berbagai sumber yaitu, mengendalikan kadar kolesterol, mengatasi sembelit, merawat kesehatan kulit, membantu menjaga berat badan, mencegah dan mengatasi diabetes, menurunkan darah tinggi dan mencegah kanker, khususnya kanker usus", ungkapnya.


Serda Aksar juga mengatakan, "Tanaman Porang selain untuk kesehatan, memiliki manfaat lain seperti, bahan baku tepung, digunakan untuk pembuatan kosmetik, bisa digunakan sebagai penjernih air dan sebagai bahan pembuatan lem ramah lingkungan",terangnya.


Laporan:Umar Dany

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Serbuan Teritorial Kodim 1412/Kolaka Lakukan Penanaman Budidaya Tanaman Porang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel