-->

PELUANG DAN TANTANGAN BANK KONVENSIONAL DI ERA DIGITAL BANKING 4.0.



Foto:Ferdiansa, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Nim  A1A117005, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. (Kendari, 15 Desember 2019)

Kendari,Sulawesibersatu.com - Dalam dunia perbankan sangat membutuhkan era digital 4.0 agar Bank – Bank Konvensional yang ada di Indonesia mudah mendapatkan nasabah. Peran terpenting Bank Konvensional memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang Bank Konvensional dalam menghadapi era digital 4.0 sehingga masyarakat memahami pelayanan-pelayanan yang disediakan Bank Konvensional dizaman sekarang ini.
Melihat kondisi yang terjadi sekarang, Bank Konvesional memiki beberapa peluang yang sangat penting diantaranya:

1. Dalam menghadapi era digital 4.0 tentulah akan bermunculan nasabah-nasabah baru dengan berbagai keperluannya kepada Bank Konvensional.

2. Pada masa sekarang, pada umumnya masyarakat sudah tidak mau kesusahan keluar dari rumahnya mereka hanya menatap HP saja. Olehnya itu, Bank Konvensional haruslah berinovasi untuk menghadapi kondisi ini.

3. Perputaran uang sangatlah cepat sehingga para nasabah senang dengan adanya era digital 4.0 ini.

4. Mudah dalam melakukan transaksi karena cukup dengan menggunakan jaringan dan aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan Bank Konvensional.

5. Sudah banyak tersebar Bank – Bank Konvensional diberbagai daerah sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi.

Adapun tantangannya adalah sebagai berikut:

1. Mulai sadarnya masyarakat tentang praktek-praktek riba yang ada pada Bank Konvensional. Para nasabah mulai beralih ke Bank Syariah. Hal ini sangat mempengaruhi Bank Konvensional.

2. Kaum milenial atau anak-anak muda zaman sekarang lebih banyak melakukan transaksi dengan “OVO” atau “Paytren” dan pembayaran lainnya. Hal ini haruslah dijawab oleh Bank Konvensional yang mesti mengikuti perkembangan zaman.

3. Munculnya Bank Syariah, sehingga dapat mengurangi nasabah-nasabah dari Bank Konvensional.

4. Masih banyak masyarakat indonesia menggunakan kartu debet yang melalui pembayaran luar negeri seperti Master Card dan sangat kurang menggunakan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

5. Persaingan yang ketat antara Bank Konvensional itu sendiri sehingga nasabah-nasabahnya terbagi-bagi.(*)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PELUANG DAN TANTANGAN BANK KONVENSIONAL DI ERA DIGITAL BANKING 4.0."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel