-->

 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

RSUD Kolonodale Tolak Pasien PDP Rujukan RSUD Morowali


Morowali,Sulawesibersatu,com - Warga Desa Belopa Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan yang ditetapkan berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) oleh RSUD Morowali, telah dirujuk ke RSUD Kolonodale Kabupaten Morowali Utara.

Kadis Kesehatan Morut, Delnan Lauende yang dihubungi via handphone, Rabu (1/4/2020) membenarkan hal tersebut. "Berdasarkan informasi yang diperoleh, pasien PDP rujukan dari RSUD Morowali dengan RSUD Kolonodale sebagai tujuan," kata Delna sapaan Kadis Kesehatan Morut.

Menurut Delnan, sebenarnya pasien PDP rujukan dari RSUD Morowali tidak ditolak oleh pihak RSUD Kolonodale. Akan tetapi, RSUD Morowali melakukan rujukan tidak sesuai prosedur tetap (protap) penanganan pasien corona virus desiase 2019 (covid19).

"Sebenarnya, pihak RSUD Kolonodale tidak menolak pasien rujukan itu. Hanya saja, berdasarkan protap, seharusnya sebelum pasien dirujuk ada koordinasi dan persetujuan dari pihak RSUD Kolonodale sebagai RS tujuan," ujar Delna.

Ia menambahkan, koordinasi sudah dilakukan oleh pihak RSUD Morowali, namun belum ada persetujuan dari pihak RSUD Kolonodale. "Ini penyakit bukan penyakit biasa, penanganannya harus sesuai protap dan hal yang sama juga pernah dialami RSUD Kolonodale yang mengalami penolakan saat merujuk pasien tanpa koordinasi ke RS Undata Palu," terangnya.

Juru bicara penanganan Covid19 Kabupaten Morut, Delnan Lauende menjelaskan, seharusnya sebelum merujuk pasiennya pihak RSUD Morowali terlebih dahulu memastikan kesiapan dan sudah mendapatkan persetujuan pihak RSUD Kolonodale.

"Sementara, pihak RSUD Kolonodale belum ada kesiapan menerima pasien rujukan. Soalnya, sebelum menerima pasien yang hendak dirujuk, pihak RSUD Kolonodale juga harus menyiapkan semua fasilitasnya. Harusnya pihak RSUD Morowali menunggu respon dari pihak RSUD Kolonodale, kalau semua sudah siap baru dirujuk,"jelasnya.

Sementara itu, terkait tidak diterimanya pasien PDP untuk dirujuk di RSUD Kolonodale Jubir Satgas Covid-19 Morowali Ashar Ma'ruf menyatakan bahwa pasien asal Belopa itu telah di rujuk ke Rumah Sakit rujukan lainnya.

"Terkait dengan pasien dirujuk oleh pihak RSUD Morowali, menurut Direktur RSUD Morowali bahwa pasiennya sudah diteruskan ke RSU Undata Palu sebagai pusat rujukan untuk Sulteng,"ujar Ashar yang mengutip pernyataan Direktur RSUD Morowali ini.(Wardi)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RSUD Kolonodale Tolak Pasien PDP Rujukan RSUD Morowali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel