-->

 


 


 






 



 


 

 



 

Cara Menernak Lalat BSF, Ini Penjelasan Abu Musa alias Mang Jun.





Bekasi,Sulawesibersatu.com -
"Abu Musa, sering disapa mang Jun, kegiatan sehari - harinya selain pedagang Air Galon dia juga mempunyai hobi menernak lalat BSF, sudah hampir 6 bulan hobi ini ia jalankan selain untuk mengisi waktu luang hobi ternak lalat BSF dapat membuahkan hasil, kata Abu Musa yg sering disapa Mang Jun, Rabu 06 Mei 2020.


"Abu Musa, yang sering disapa Mang Jun, tinggal di Kp Tanah Ungkuk,
RT 01/ RW 05, Desa Sarimukti, Kecamatan Cibitung - Bekasi.


Untuk mendapatkan dan menernak lalat BSF, proses perkembanganbiakannya ; Telor - magot - pupa - dan yg terakhir sampai menjadi lalat BSF, adapun dari mulai pembibitan sampai panen kurang lebih 1 bulan, "kata mang Jun"  begitulah proses regulasi perkembangbiakan lalat BSF.

Periode waktu yang disebutkan di atas untuk bisa melaksanakan panen, adalah saat BSF sudah menetas dan kemudian masuk fase larva yang bisa tumbuh antara 15-20 milimeter hingga masuk fase pupa, proses perkembangannya ; Telor, magot, pupa, lalat

Larva pada fase Prepupa dan Pupa dari lalat Black Soldier Fly (BSF) Hermetia illicens merupakan salah satu alternatif sumber pakan yang memenuhi persyaratan sebagai sumber protein yang tinggi dapat digunakan untuk ;
1. Pakan Ikan Lele
2. Pakan Unggas
3. Dll.

Berdasarkan kandungan protein tersebut, maka larva Black Soldier Fly (BSF) ini  layak untuk dijadikan sebagai bahan pakan sumber protein. Hal ini tentunya akan berdampak positif apabila larva dapat digunakan untuk mensubstitusi penggunaan tepung ikan yang harganya relatif mahal.

Harga pasaran magot Rp. 7000.00/kg sedangkan Pupa atau Prepupa
Rp. 120.000.00/kg, wah ternyata lumayan tinggi harga pupa atau Prepupa BSF dipasaran, kata Mang Jun.

Tak kalah penting ternyata sisa pakan Lalat BSF dapat digunakan sebagai pupuk organik sangat bagus buat tanaman herbal dan palawija, "kata Abu Musa" atau yang kita sapa Mang Jun.

Lalat BSF sudah mulai beredar dipasaran, ternyata ternak lalat BSF dapat membuahkan hasil yg positif, "kata Mang Jun. Setiap bulannya menghasilkan Pupa & prepupa kisaran ; 7 kg s/d 10 kg, "ujar Abu Musa.

"Mang Jun, berharap kepada pemerintah Daerah maupun tingkat Desa, agar memberikan bantuan modal untuk dapat mengembangkan usaha yg sedang di jalaninya," Pungkasnya.
(Erman, SH)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menernak Lalat BSF, Ini Penjelasan Abu Musa alias Mang Jun."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel