-->

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bone, Optimalkan Peran PUPM

Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Bone Andi Asman Sulaiman

Sulsel/Bone,Sulawesibersatu.com - Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan Kabupaten Bone, Andi Asman Sulaiman, memprioritaskan ketahanan pangan seperti Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) agar terus bergerak dan optimal.



Kegiatan ini bertujuan agar ketersediaan, stabilitas pasokan, dan harga pangan bisa tetap stabil dan aman dalam menghadapi Idul Fitri nanti. Ditengah pandemi Covid-19, berbagai  upaya dan kebijakan  telah   dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Ketahanan Pangan, baik bersifat  jangka  pendek maupun  jangka  panjang dengan mengacu pada permasalahan utama  yang terjadi selama ini.


"Dalam mengatasi gejolak harga pangan melalui kegiatan PUPM, kegiatan tersebut merupakan upaya Pemerintah untuk menjaga stabilitas pasokan maupun harga pangan didaerah ini, "jelas Andi Asman.


Ia (Andi Asman) menambahkan, bahwa PUPM secara tidak langsung akan ikut berperan dalam mengatasi harga pangan dipasaran. Sehingga akan terjadi keseimbangan harga yang saling menguntungkan, baik  di tingkat produsen maupun tingkat konsumen, "ujarnya.

Untuk itu, sambung Andi Asman, dalam upaya mendukung peran PUPM dalam menjaga dan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat maka Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bone telah memberikan bantuan dana operasional kepada sejumlah PUPM.

Kini sejumlah PUPM mulai berproduksi, seperti Gapoktan Maddepunceng yang ada di Desa Watu, Kecamatan Barebbo dan Kelompok yang merupakan bagian dari kegiatan PUPM ini siap mendistribusikan beras dalam bentuk kemasan kesejumlah Toko Tani Indonesia (TTI) yang ada di desa.

"Beras kemasan ini adalah kegiatan PUPM dengan memberdayakan gapoktan setempat didalam melayani Toko Tani Indonesia di desa untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, "pungkasnya. (Andi Irfan)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bone, Optimalkan Peran PUPM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel