-->


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Ekspor Manggis Indonesia ke Cina Naik Dua Kali Lipat Lebih Di Tengah Pandemi Covid-19




Jakarta,Sulawesibersatu.com Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) mencatat adanya peningkatan permohonan fasilitasi ekspor  buah manggis ke Cina sebanyak 111% pada periode kuartal pertama tahun 2020 dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Tercatat ekspor buah tropis eksotik ke Cina sebanyak 34,71 ribu ton dengan total pengiriman  2.980 kali, sementara pada periode sama tahun 2019 hanya berhasil membukukan 16,43 ribu ton dengan total pengiriman 1.829 kali.

“Kenaikan yang cukup signifikan tentunya menjadi kabar menggembirakan, terlebih disituasi yang serba melamban akibat pandemic Covid-19 ini. Patut kita syukuri dan selamat bagi para petani manggis yang telah berhasil menghasilkan produk berkualitas ekspor, “ kata Kepala Barantan, Ali Jamil melalui keterangan tertulisnya (14/5).

Menurut Jamil, berdasarkan data sertifikasi ekspor yang tercatat pada sistem automasi perkarantinaan, IQFAST, trend  ekspor manggis menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun.

Hal ini  berkat upaya dan kerja keras petani, kelompok tani dan pemilik rumah kemas sehingga protokol ekspor dapat dipenuhi dan pelayanan pemeriksaan karantina semakin efektif. Disamping itu, manfaat buah dengan julukan ‘Queen of Fruit’ yang diakui tidak hanya oleh negara Cina namun juga oleh banyak negara. Daging buahnya segar dan dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh, juga ekstraksi kulit manggis banyak menjadi bahan baku industri farmasi dan kosmetik di negara tujuan ekspor, jelasnya.


Secara total  keseluruhan fasilitasi ekspor  manggis Indonesia pada bulan Januari hingga April  tahun 2020  sebanyak  45,33 ribu ton dengan pengiriman 4,427 kali atau secara keseluruhan juga naik dua kali lipat dibanding periode sama tahun lalu yang hanya 21,05 ribu ton.

Sedangkan negara tujuan ekspor saat ini didominasi Cina yakni sebanyak 77 persen,  selebihnya negara Australia, Malaysia, Uni Emirat Arab, Saudi Arabia, Perancis dan Belanda.

Penguatan Sistem Perkarantinaan

Kepala Bidang Karantina Non Benih, Turhadi yang turut memberikan keterangan menjelaskan bahwa keberhasilan komoditas asal sub sektor hortikultra ini dalam menembus pasar global  merupakan pencapaian penting. Hal tersebut disebabkan karena setiap negara mitra dagang memiliki persyaratan teknis yang ketat khususnya Cina. Standar baku mutu ini tertuang  pada protokol impor manggis yang telah disepakati antara Indonesia dan negara mitra. Dan ini harus dipenuhi agar produk yang diekspor dapat diterima.

Inilah peran yang diemban Barantan selaku otoritas karantina untuk melakukan sinkronisasi persyaratan ekspor pada tiap produk pertanian, termasuk manggis, jelas Turhadi.

Untuk itu,  diperlukan upaya terus menerus untuk penguatan kesisteman perkarantinaan, seperti fasilitas pemeriksaan baik sarana dan prasarana laboratorium serta kemampuan petugasnya guna memastikan kesehatan dan keamanan produk sesuai protokol ekspor negara mitra dagang.

“Inilah adalah tugas kami untuk mengawal juga memastikan seluruh persyaratan teknis sanitari dan fitosanitarinya terpenuhi,” ujar Turhadi.

Dorong Hilirisasi

Disisi lain, Jamil menambahkan sejalan dengan kebijakan Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo, red) bahwa saat ini Kementan juga terus memperbaiki iklim investasi pertanian dengan melakukan deregulasi serta penyediaan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hal ini ditujukan  untuk mendorong tumbuhnya hilirisasi industri produk pertanian.

“Diharapkan segera dimanfaatkan oleh dunia usaha, supaya komoditas pertanian mendapat nilai tambah. Jangan lagi ekspor buah segar atau bahan mentah, minimal berupa setengah jadi atau bahan jadi seperti ekstrak manggis,” ujar Jamil.

Seluruh direktorat teknis dilingkup Kementan fokus pada program peningkatan produksi dan nilai tambah, khususnya bagi komoditas strategis dan juga komoditas yang memiliki potensi dan peluang ekspor.

Bekerjasama dengan jajaran pertanian diseluruh Indonesia pembangunan pertanian berbasis kawasan berioentasi ekspor juga digalakkan. Barantan yang ditunjuk untuk menggawangi pencapaian target ekspor, telah menyiapkan aplikasi peta potensi komoditas ekspor, (iMACE) sebagai alat bantu dalam pengambilan kebijakan.

“Ekspor produk dalam bentuk olahan menjadi pilihan terbaik saat ini. Selain  bernilai tambah, tahan lama dan mudah mengemasnya juga menambah devisa negara, tentunya berdampak bagi kesejahteraan petani manggis," tutup Jamil.
Laporan:Rizal Marzuki

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ekspor Manggis Indonesia ke Cina Naik Dua Kali Lipat Lebih Di Tengah Pandemi Covid-19"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel