-->

Mendorong Kelompok Tani Manfaatkan Lahan Kawasan Rumah Untuk Melestarikan Penanaman Sayur

   

Bone, Sulawesibersatu.com - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bone yg dipimpin H A Asman Sulaiman sebagai Kepala Dinas (Kadis) telah banyak membuat terobosan salah satu diantaranya, mendorong kelompok tani dengan cara memanfaatkan lahan kawasan rumah untuk melestarikan penanaman sayur.         

 
Hal ini terbukti saat Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Bone, H A Asman Sulaiman, memimpin panen perdana sayur-mayur di Desa Awo Kecamatan Cina Jumat 15 Mei hari ini.


Panen perdana tersebut dihadiri rombongan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bone, Camat, Ketua PKK Kecamatan Cina, Wakapolsek, Danramil, BPP Pertanian, UPTD Kesehatan, Kepala Desa, Penyuluh Pertanian, Ketua KWT Makmur, Ketua Kelompok Pemuda Tani Pemakmur Bumi Kecamatan Cina dan masyrakat.


Kadis Ketahanan Pangan, H A Asman Sulaiman mengatakan, program tanam sayur-mayur sebagai percontohan terdiri dari lima kecamatan. Yakni Kecamatan Barebbo, Awangpone, Sibulue, Palakka, dan Kecamatan Cina.


Masing-masing kecamatan tersebut terdiri dari lima desa yang dijadikan percontohan, kegiatan ini dilaksanakan sejak Januari 2020.

“Kami mendorong kelompok wanita tani memanfaatkan lahan kawasan rumah agar melestarikan penanaman sayur di pekarangan rumah. Selama ini kita yang menawarkan sayur ke kota, ”ujarnya.
Ia (Asman) menambahkan, pola hidup ini harus dirubah supaya penghasilan rumah tangga bertambah.

Kami akan programkan desa mandiri, tidak perlu lagi ketergantungan dari daerah lain. Kalau perlu kita yang ekspor hasil tanaman kita, ”jelasnya.

Disisi lain Asman juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di rumah sambil menanam sayur di pekarangan rumah, "kuncinya. (Andi Irfan)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mendorong Kelompok Tani Manfaatkan Lahan Kawasan Rumah Untuk Melestarikan Penanaman Sayur "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel