-->


 



 


 

Ibu Dandim 1412/Kolaka Menggelar Pelatihan Pengolahan Cokelat Kepada Generasi Muda

 


KOLAKA,Sulawesibersatu.com - Ibu Nine Risa Setyawan, Ketua Persit Kartika  Chandra Kirana Cab.XLVII Kodim 1412/Kolaka Menggelar Pelatihan Pengolahan Cokelat menjadi berbagai jenis makanan dan minuman yang berbahan dasar cokelat.



Kegiatan tersebut di ikuti oleh 15 orang yang terdiri dari Pramuka Saka Wira Kartika binaan Kodim 1412/Kolaka serta Mahasiswa dari Perguruan Tinggi Universitas 19 November Kolaka, yang dilaksanakan di Pendopo rumah jabatan Dandim1412/Kolaka, Sabtu (24/10/20).



Sebelum memasuki tahap pengolahan Cokelat, ibu Dandim 1412/Kolaka terlebih dahulu memberikan pemahaman secara komprehensif beberapa tahapan proses produksi cokelat dalam bentuk teori.


Dilanjutkan dengan pengenalan budidaya tanaman dan pengolahan buah kakao, pengenalan jenis-jenis produk cokelat (cokelat original dan cokelat kompon), praktek sortasi biji kakao, sangrai, deshelling dan konversi biji kakao menjadi pasta kakao, formulasi dan penghalusan adonan cokelat dengan teknik “ball milling”.


Conching, tempering, pencetakan adonan cokelat dan pendinginan. Dan teknik penyimpanan, pengemasan dan perhitungan biaya produksi.


Kemudian ibu Dandim 1412/Kolaka memberikan praktek keterampilan proses produksi minuman dan makanan berbasis cokelat yang menggunakan bahan dasar sekitar 80%, kepada seluruh peserta yang hadir.


Nampak seluruh Peserta Pelatihan sangat antusias menerima materi dan praktek dari Ny.Nine Risa Setyawan, Ketua Persit Kartika  Chandra Kirana Cab.XLVII Dandim 1412/Kolaka.


Salah satu peserta pelatihan, Sahra sangat merasa senang dan gembira mengikuti pelatihan ini.


“Kami sangat senang dengan pelatihan ini, dimana kami banyak mendapatkan ilmu mengenai cara mengelolah coklat dengan baik menjadi makanan sehat yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh dan kesehatan kita, kami juga tidak hanya sekedar menerima materi akan tetapi kami juga langsung mempraktekan pengelolaan coklat menjadi makanan sehat,” tuturnya.

Laporan; Umar Dany

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ibu Dandim 1412/Kolaka Menggelar Pelatihan Pengolahan Cokelat Kepada Generasi Muda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel