-->


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

MENKEU: EKONOMI INDONESIA MULAI MEMBAIK

 



Jakarta,Sulawesibersatu.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa Covid-19 masih menjadi faktor utama yang menentukan pemulihan ekonomi global dan nasional hingga akhir September 2020. Namun di sisi lain, perkembangan vaksin memberikan harapan. Ia juga menegaskan bahwa perekonomian Indonesia mengalami tren perbaikan. 


"Trennya cukup konsisten semenjak bulan Juli, Agustus meskipun September ada indikator yang mengalami sedikit tekanan karena PSBB yang sempat dilakukan pada minggu kedua September. Namun ini tidak menghilangkan tren positif di kuartal ketiga yang cukup solid dari berbagai indikator," tegasnya dalam konferensi pers APBN KiTa (Kinerja dan Fakta) pada Senin, (19/10/2020).


Hal ini terlihat dari sisi pergerakan konsumsi, listrik, ekspor, impor bahan baku dan barang modal yang cukup positif dan solid, belanja bansos yang tumbuh luar biasa tinggi secara month to month.


“Sedangkan dari sisi deflasi, dari sisi daya beli masyarakat atau agregat demand masih mengalami tekanan namun tidak menggerus daya beli masyarakat,” ucap Sri Mulyani.


Meskipun Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur Indonesia sedikit mengalami penurunan di bawah treshold ekspansi, namun kinerja belanja pemerintah mengalami akselerasi luar biasa termasuk belanja Pemulihan ekonomi Nasional (PEN).


"Kinerja belanja pemerintah termasuk PEN mengalami akselerasi yang luar biasa pada bulan September ini. Pemerintah betul-betul menggunakan semua toolsnya baik belanja K/L, belanja PEN maupun transfer ke daerah,” ungkapnya. 


Ia pun berharap seluruh Kementerian dan Lembaga (K/L) konsisten pada kuartal keempat ini. Kemenkeu, menurutnya, terus memonitor secara ketat Pemerintah daerah (Pemda), karena cukup besar dana yang tertransfer. 


“Namun kalau Dana Desa yang pencairannya cukup meningkat, DAK Fisik, DAK Non Fisik maupun dana Otsus, kita berharap bisa membantu Pemda mengelola dan memulihkan ekonominya. Sehingga perbaikan ekonomi domestik ini yang sifatnya bertahap, kita harap akan terus bisa pertahankan dan akselerasi," harap Menkeu. 


Ia menambahkan bahwa Indonesia terus melakukan pengendalian Covid-19 dengan memberikan dukungan sepenuhnya kepada Pemda maupun anggaran-anggaran. Ia menegaskan, masyarakat harus ikut membantu dan mensukseskan dengan melakukan disiplin protokol kesehatan. 


Ia mengakui bahwa memulihkan ekonomi tidak bisa bekerja sendiri. Oleh karena itu, Kemenkeu bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) mengkombinasikan kebijakan makro fiskal-moneter secara hati-hati untuk mendukung perekonomian.


"Tentu pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Kita bersama Bank Indonesia melakukan kombinasi kebijakan makro fiskal-moneter secara hati-hati namun juga supportif terhadap pemulihan yang memang perlu mendapat dukungan," jelas Sri Mulyani.


Namun ke depan, kebijakan-kebijakan lain tentu harus menjadi kontributor pemulihan ekonomi karena diperlukan untuk bisa memperbaiki ekonomi maupun kembali menciptakan kesempatan kerja. 


“Sehingga ekonomi Indonesia kembali pulih namun fiskal terjaga dan mulai konsolidasi bertahap,” tegas Menkeu. Dirinya berharap, masyarakat bisa mendapat manfaat dari instrumen-instrumen pemerintah tersebut.(*)


Sumber: Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MENKEU: EKONOMI INDONESIA MULAI MEMBAIK "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel