-->

 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Pelihara dan Tingkatkan Kemampuan Satuan Teritorial Korem 143/HO Gelar Latgulbencal Karhutla.

 



Konsel,Sulawesibersatu.com - Latihan Terpadu Penanggulangan Bencana Alam Kebakaran Hutan dan Lahan yang akan dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 19 sampai 23 Oktober 2020 ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan teritorial dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan penanggulangan bencana alam dengan unsur Pemda dan BPBD di wilayah Sulawesi Tenggara.



Hal ini dikatakan Kapenrem 143/HO Mayor Arm Sumarsono dalam rilisnya Kendari, Senin (19/10/2020).



“Kegiatan ini dibuka oleh Dandim 1417/Kendari Kolonel Kav Agus Waluyo, S.I.P yang mewakili Danrem 143/HO serta melibatkan unsur TNI, Polri, Basarnas, Tagana, Damkar dan Satpol PP,” jelas Kapenrem.



Adapun kegiatan pembukaan latihan dilaksanakan di Lapangan Pancasila Yonif 725/Wrg, Ranomeeto, Konawe Selatan.


Menurut Mayor Sumarsono dalam sambutan Danrem yang dibacakan oleh Kolonel Agus Waluyo, Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan, S.E., M.B.A., mengatakan bahwa kegiatan latihan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan territorial dalam penanggulangan bencana alam.


“Latihan terpadu penanggulangan bencana alam ini untuk menyiapkan pasukan disatuan teritorial yang selalu siap siaga bersama unsur Pemda dan BPBD di wilayah Sulawesi Tenggara. Hal ini perlu dilaksanakan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan serta jalinan komunikasi antara satgas penangulangan bencana,” kata Danrem.


“Latihan ini sangat penting dikaitkan dengan kondisi wilayah  Provinsi Sulawesi Tenggara yang merupakan daerah rawan bencana kebakaran hutan dan lahan yang sewaktu-waktu bisa terjadi sehingga dibutuhkan kesiapsiagaan semua satgas penanggulangan bencana untuk meminimalisir atau  membantu korban yang ada,” imbuh Brigjen Jannie.


Adapun latihan ini akan dilaksanakan dengan menggunakan metode drill teknis dan taktis dengan pasukan satu pihak dikendalikan yang melibatkan seluruh personil TNI di wilayah Sulawesi tenggara , Polda Sultra unsur-unsur serta  perkuatan dari pemerintah daerah.


“Mengingat pentingnya latihan ini,saya mengharapkan kepada penyelenggara latihan dan pelaku agar melaksanakan latihan ini dengan motivasi, dedikasi dan rasa tanggung jawab yang setinggi-tingginya, sehingga tujuan dan sasaran pelaksanaan latihan dapat tercapai sesuai harapan kita bersama,” pungkas Perwira Tinngi berbintang satu ini.


Turut hadir dalam kegiatan pembukaan Latgulbencal Karhutla Kolonel lnf Ardiansyah (Kasi Ops Kasrem 143/HO), Mayor Inf. Muh. Amin S.Ip, (Danyonif 725/Wrg), Mayor lnf Muhammad Guntur (Pasi Ops Rem 143/HO),  Mayor Cpm Erik Alamsyah Sinaga (Dandenpom XlV/3 Kendari), Mayor CHK Suwanto (Kakum Rem 143/HO), Kapten Inf Salmar Gona (Danramil  1417-02 Wawotobi), Kapten CBA Jhon Veri,  Kapten Cpm Surono, Iptu Mulyono (Danki Yon A Por.perwakilan dari Brimob Kendari), Brigadir Harsak Yaniang Ningsi (Brimob Kendari), Rudi S.E.(Kasumda Basarnas Kendari),  Irham Herman (Komandan Tim Basarnas Kendari), Heri Kuswantu (Rescuer Basarnas Kendari), Laode D.Hidayat (Kasat Pol PP Kendari), Laode Lunsu (Kepala Seksi Damkar Kendari), dan 70 orang Perwakilan Anggota Kodim 1417 Kendari, Anggota Yonif 725/Wrg, Basarnas Kendari, Satpol PP Kendari dan Damkar Kendari.


(Umar Dany)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pelihara dan Tingkatkan Kemampuan Satuan Teritorial Korem 143/HO Gelar Latgulbencal Karhutla."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel