-->

 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Mayor Laut (P) Aspiono : Tabur Bunga Tradisi Mengenang Jasa Pahlawan

 



Palu, Sulawesibersatu.com - Untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur, kini diperingati sebagai Hari Pahlawan, Pgs. Palaksa Mayor Laut (P) Aspiono Torohula Mewakili Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Palu Kolonel Laut (P) Rahadian Rahmadi, S.E., M. Tr. Hanla melaksanakan upacara tabur bunga di Kapal Angkatan Laut (KAL) Talise II.6-65 yang bernaung dibawah Pangkalan TNI AL VI Makassar, Selasa (10/11/2020).



Upacara tersebut diikut dihadiri Bupati Donggala Drs. H. Kasman Lasa, S.H., M.H, Wakil Bupati Donggala Moh. Yasin, S. Sos, Danlanal Palu diwakili Pasintel Lanal Palu Mayor Laut (P) Aspiono Torohula, Dandim 1306/Donggqla diwakili Danramil 1306-06/Banawa Kapten Inf Alimin, Kapolres Donggala AKBP Wawan Sunarwirawan, S.H.



Selain itu, kegiatan itu dihadiri pula Ketua DPRD Kab. Donggala, Takwin, S. Sos. I., Kepala Kejaksaan Negeri Donggala, Yuyun Wahyudi, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Donggala Mohammad Sandi Iramaya, S.H., Kepala KSOP Kelas II Teluk Palu Kolonel Marinir Abdul Rahman LP., serta pejabat Forkopimdakab Donggala.



Sebelum melaksanakan tabur bunga, terlebih dahulu seluruh hadirin melaksanakan Upacara Hari Pahlawan di Dermaga Kabupaten Donggala dengan Irup Bupati Donggala Drs. H. Kasman Lasa, S.H., M.H., yang dihadiri anggota Forkompinda Kabupaten Donggala.


Selesai upacara dilanjut dengan acara Tabur Bunga di perairan Teluk Palu yang di ikuti oleh Forkopimdakab Donggala yang dilaksanakan di atas KAL TALISE II.6-65.


Terpisah Pgs. Palaksa dalam penyampaiannya mengatakan, sesuai arahan Danlanal Palu, bahwa peringatan hari pahlawan yang dilakukan dengan tabur bunga di laut sebagai bentuk penghormatan dan terima kasih kami sebagai anak bangsa atas jasa-jasa para pahlawan di masa lalu. "Dan tabur bunga merupakan tradisi yang dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan," kata Mayor Laut (P) Aspiono.


Selain itu lanjutnya, makna tabur bunga untuk menghormati para pahlawan nelayan yang meninggal di tengah laut dalam rangka mencari nafkah untuk keluarga, begitupula para penumpang pesawat yang telah mengalami kecelakaan kemudian hilang ditengah laut.


Hal ini senada dengan penyampaian Laksda TNI I NG Sudihartawan diupacara Hari Pahlawan, bahwa tabur bunga merupakan tradisi sekaligus simbol yang dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Dan yang terpenting sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, kita wajib terus mewarisi semangat dan nilai nilai kejuangan yang telah diberikan para pahlawan yang telah mendahului.


“Semoga di Hari Pahlawan kali ini mampu menciptakan kebersamaan dengan segala komponen masyarakat untuk mengisi kemerdekaan dan menjadikan bangsa Indonesia lebih maju, adil dan makmur seperti yang dicita-citakan para pahlawan pendahulu bangsa ini. Juga  segera bisa terlepas dari pandemi Covid-19,” pungkasnya.(Wardi) 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mayor Laut (P) Aspiono : Tabur Bunga Tradisi Mengenang Jasa Pahlawan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel