-->


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Presiden Jokowi Buka Indonesia Fintech Summit 2020 secara Virtual

 


Jakarta, Sulawesibersatu.com - Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi kepada para inovator dan penggerak industri _financial technology_ (fintech) yang mampu memberi kontribusi positif bagi perekonomian dan meningkatkan akses pembiayaan kepada masyarakat. Bahkan, di tahun 2020 ini, penyaluran pembiayaan finansial oleh _fintech_ telah mencapai Rp128,7 triliun atau meningkat 113 persen _year-on-year_.


Hal itu disampaikan Presiden saat membuka Indonesia Fintech Summit 2020 dan Pekan Fintech 2020 secara virtual sebagaimana yang ditayangkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu, 11 November 2020.


"Sampai September 2020, terdapat 89 penyelenggara _fintech_ yang berkontribusi Rp9,87 triliun pada transaksi layanan jasa keuangan Indonesia. Sebanyak Rp15,5 triliun disalurkan penyelenggara _fintech equity crowd founding_ berizin. Hal ini merupakan perkembangan yang luar biasa," ujarnya.


Meski demikian, Presiden mengatakan bahwa Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah dalam ranah pengembangan teknologi finansial ini. Indeks Inklusi Keuangan kita menunjukkan bahwa Indonesia masih tertinggal dibandingkan beberapa negara ASEAN dalam hal tersebut.


"Di tahun 2019, Indeks Inklusi Keuangan kita 76 persen. Lebih rendah dibandingkan beberapa negara lain di ASEAN, misalnya Singapura 98 persen, Malaysia 85 persen, Thailand 82 persen. Sekali lagi, kita masih berada di angka 76 persen," ucapnya.


Tak hanya itu, tingkat literasi masyarakat terhadap keuangan digital juga masih sangat rendah. Data menunjukkan baru sekitar 35,5 persen masyarakat yang mengetahui soal keuangan digital. Masih banyak pula masyarakat yang menggunakan layanan keuangan informal dan hanya 31,26 persen masyarakat yang pernah menggunakan layanan digital.


Oleh sebab itu, Presiden berharap agar para inovator _fintech_ tidak hanya berperan sebagai penyalur pinjaman dan penyedia pembayaran daring saja, tetapi juga bertindak sebagai penggerak utama literasi keuangan digital bagi masyarakat dan memperluas pemasaran digital bagi UMKM.


"Para inovator _fintech_ juga harus mengembangkan diri secara terus-menerus untuk menjalankan fungsi _aggregator_ dan _innovative credit scoring_, memberikan layanan _equity crowd founding_ dan _project financing_," kata Presiden.


Lebih jauh, Kepala Negara juga mengingatkan bahwa perkembangan teknologi di sektor keuangan juga dapat menimbulkan potensi risiko seperti kejahatan siber, misinformasi, hingga penyalahgunaan data pribadi. Apalagi regulasi nonkeuangan perbankan tidaklah seketat regulasi perbankan. Dalam hal tersebut, para pelaku industri _fintech_ harus memperkuat tata kelola yang lebih baik dan akuntabel serta memitigasi berbagai risiko yang muncul.


"Dengan cara ini saya berharap industri _fintech_ dapat memberikan layanan yang aman kepada masyarakat serta memberi kontribusi besar bagi pengembangan UMKM dan perekonomian nasional," tandasnya.


Dy

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Presiden Jokowi Buka Indonesia Fintech Summit 2020 secara Virtual"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel