Dinas Perikanan Maros Peduli Usaha Pengelolahan Hasil Perikanan

 



Maros Sulsel,Sulawesibersatu.com-Kepedulian Dinas Perikanan Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terhadap usaha pengelolahan hasil perikanan, Ikan Bandeng dan sejumlah Ikan lainnya. Dinilai oleh sejumlah Praktisi usaha bahwa sangat baik karena instansi yang dipimpin oleh Ir. Muhadir, MM benar-benar memperhatikan masyarakat yang usahanya bergerak di Bidang Pengelolahan hasil Perikanan.



Kondisi yang demikian disambut baik oleh masyarakat karena merasa terbantu oleh Dinas Perikanan terhadap usahanya mereka seperti bantuan berupa Sarana dan Prasarana, tenaga penyuluhan. Oleh karena itu Wartawan media ini menjumpai, Direktur Cahaya Bandeng, Ahmad Nur ditempat kerjanya di Desa Kurusumange kecamatan Tanralili kabupaten Maros pada Kamis (17/12/2020) untuk diwawancarai seputar bantuan dari dinas perikanan  yang berkaitan dengan bantuan Sarana dan Prasarana untuk usaha Pengelolahan hasil Perikanan khususnya Ikan Bandeng yang ia gelutinya.



Kepada media ini ia menyampaikan bahwa benar dari Instansi Dinas Perikanan kabupaten Maros yang dipimpin oleh Ir. Muhadir, MM tersebut telah membantu usaha kami berupa Sarana dan Prasarana dan mereka juga menugaskan Tenaga Penyuluhan untuk datang memberi bimbingan terhadap usaha kami. Dengan jari telunjuknya ia menunjuk pada bangunan yang sudah selesai direhabilitasi oleh rekan kerja dari Dinas Perikanan Maros untuk mereka. Selain itu, ia juga mengajak Wartawan untuk melihat bantuan Prasarana seperti alat Vakum, Timbangan Sepiner dan lain-lain yang berkaitan dengan usahanya.


Menjawab pertanyaan, ia menyampaikan bahwa kemasan Abon Ikan Bandeng ini didesain oleh Tim Penyuluhan dari Dinas Perikanan dan mereka juga mengajar kami tentang laporan administrasi. Oleh karena itu kehadiran Tim Penyuluhan besar manfaatnya yang kami rasakan, karena lewat pembinaan yang mereka berikan yakni untuk peningkatan Sumber Daya Manuasia (SDM) itu sangat terbantu sekali bagi kami," begitu kata dia. Ketika ditanya usaha yang ia geluti, apa-apa yang dikerjakanya, ia menyampaikan dari hasil olahan Ikan Bandeng tersebut, diolah Bandeng tanpa duri, Abon Ikan Bandeng, Bakso Ikan Bandeng, Otak-otak, Kripik dari Ikan, "begitu kata dia lagi. 


Di era tahun 2010, Ahmad Nur menuturkan awal mulanya usaha ini mulai berkembang yakni pemasaran di perumahan masyarakat disekitarnya yakni sehari hanya 200 ekor perhari dan berat ikan yang dipasarkan berkisar antara 340 hingga 400 gram, usaha ini tumbuh dan berkembang kemudian pemasarannya merambat antara Kecamatan di Kabupaten Maros mencapai sebanyak 2 ribu ekor, Makassar 5 ribu ekor, Papua Jayapura 6 ribu ekor. Jadi sebulan kami bisa produksi sampai dengan sebanyak 15 ribu ekor, kalo diton bisa berkisar antara 4 hingga 5 Ton, "begitu kata pria yang ramah ini.


 Ketika ditanya apakah perlu rehabilitasi ruangan untuk peking!!! Jawab Ahmad Nur kami masih membutuhkan hal tersebut.


Keterkaitan dengan usaha pengelolahan hasil perikanan, Ikan Bandeng yang dikelola oleh Ahmad Nur di Desa Kurusumange kecamatan Tanralili, Wartawan menjumpai Ir. Muhadir, MM di ruang kerjanya pada Jumat (18/12/2020) ia menyampaikan usaha tersebut merupakan Kelompok Usaha Binaan dari Dinas Perikanan kabupaten Maros dan apa yang disampaikan oleh Ahmad Nur bahwa Dinas Perikanan membantu Sarana dan Prasarana, Pemasaran, Tenaga Penyuluhan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia, menurut Ir. Muhadir, MM apa yang disampaikan Ahmad Nur itu betul sekali.


Lebih lanjut ia mengingatkan semua pengetahuan yang diajarkan oleh Penyuluhan itu semuanya akan menjadi ilmu pengetahuan yang efisien, efektif dalam pengelolahan. Sedangkan rehabilitasi bangunan yang kami lakukan tersebut untuk memenuhi syarat higienis karena berkaitan dengan makanan sehingga kebersihan itu harus dijaga karena Kebersihan itu adalah Pangkal Kesehatan, "begitu kata kadis yang ramah ini. Oleh karena itu harapan kami kedepan usaha seperti itu bisa dibuka di Wilayah Kecamatan yang lain di Kabupaten Maros. (F. Kato).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dinas Perikanan Maros Peduli Usaha Pengelolahan Hasil Perikanan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel