-->
 

 



 

 



 

Kaleidoskop Kamtibmas Polres Tolitoli dalam Konferensi Pers Akhir Tahun 2020






Tolitoli,Sulawesibersatu.com - Sejumlah rangkaian peristiwa dan keberhasilan jajaran Kepolisian Resor Tolitoli terangkum dalam agenda kegiatan yang dilaksanakan di Polres Tolitoli pada detik-detik pergantian tahun 2020 melalui Konferensi Pers Situasi Kamtibmas akhir tahun yang dipimpin langsung oleh Kapolres Tolitoli AKBP Budhi Batara Pratidina SH SIK MH, Selasa (22/12/2020).



Dalam kegiatan Kaleidoskop Kamtibmas akhir tahun 2020 ini, Kapolres Tolitoli didampingi Kasubbag Humas Polres Tolitoli AKP Moh Rizal Hi Bandi dan dihadiri rekan-rekan media online maupun cetak.



Kapolres Tolitoli dalam kegiatan ini menyampaikan, secara umum situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Tolitoli berlangsung cukup baik, aman dan kondusif. 


Ada banyak hal peningkatan pengungkapan kasus baik dari bidang Kriminalitas Umum dan Narkoba. Seperti halnya dalam jumlah kriminalitas di tahun 2020 mengalami penurunan sebanyak 78 kasus atau sebanyak 22,54%, dibanding tahun 2019 dengan total jumlah kriminalitas sebanyak 346 kasus dan pada tahun 2020 sebanyak 268 kasus.


Kapolres Tolitoli menyebutkan gangguan kamtibmas yang terjadi pada tahun 2020 sebanyak 268 kasus ini masih di dominasi oleh jenis kejahatan konvensional seperti pencurian, penganiayaan, pencurian kendaraan motor, penggelapan, KDRT, dll. 


Hal ini dipengaruhi faktor ekonomi dengan perubahan pola hidup masyarakat konsumtif dan kurangnya daya beli masyarakat serta melambungnya harga kebutuhan pokok.


"Upaya-upaya yang telah kami lakukan yaitu dengan meningkatkan kegiatan patroli di daerah rawan pencurian, melaksanakan binluh dan menghimbau masyarakat melalui media sosial, Jumat Polmas dan Minggu Polmas" kata Kapolres Tolitoli.


Selain itu juga dilakukan pemetaan daerah rawan, mengaktifkan kring serse, binmastral, serta pendataan pelaku tindak pidana yang menjalani masa asimilasi serta modus operandi.


Lanjut Kapolres Tolitoli, dalam hal kriminalitas tindak pidana Narkoba di tahun 2020, Sat Narkoba Polres Tolitoli berhasil mengungkap 33 kasus terdiri dari 32 kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu dan 1 kasus narkoba jenis ekstasi.


Di bidang Kamseltibcar Lantas, terjadi penurunan sebanyak 35,33% atau 53 kasus dibanding tahun 2019. Pada tahun 2019 sebanyak 150 kasus kecelakaan lalulintas, dan 97 kasus pada tahun 2020.


Operasi Kepolisian yang telah dilaksanakan Polres Tolitoli selama tahun 2020 sebanyak 12 Operasi Kepolisian, diantaranya adalah Operasi Mantap Praja Tinombala 2020 yaitu pengamanan pemilihan Kepala Daearah Kabupaten Tolitoli 2020 dan Operasi Aman Nusa II pencegahan COVID-19 di Kabupaten Tolitoli.


“Tentunya kegiatan Operasi Kepolisian terpusat dan kewilayahan yang telah dilakukan oleh Polres Tolitoli pada tahun 2020, akan tetap terus dilaksanakan dan ditingkatkan guna menjaga stabilitas Kamtibmas di wilayah hukum Polres Tolitoli”, ujar Kapolres Tolitoli.


Terakhir, Kapolres Tolitoli menyebutkan sebanyak 8 program prioritas Polres Tolitoli di tahun 2021 yaitu yang pertama, menggelar dan memaksimalkan personel di lapangan. Kedua, mengintensifkan patroli malam hari pada jam-jam dan tempat-tempat rawan dan penempatan pos di dua lokasi balapan liar.


Ketiga, mengotimalkan peran Bhabinkamtibmas di seluruh wilayah Kabupaten Tolitoli. Keempat, "Police goes to School" untuk pelaksanaan Dikmas Lantas. Kelima, sinergi TNI-Polri dan instansi terkait untuk menekan gangguan kamtibmas.


Keenam, Polres Tolitoli akan mengintensifkan gerakan anti narkoba dengan pembentukan Desa Anti Narkoba dengan target satu Desa satu Kecamatan.


Ketujuh, melanjutkan program pembentukan Kampung Tangguh dengan target satu Desa satu Kecamatan dan kedelapan mengungkap dan menyelesaikan perkara tindak pidana minimal 65%.(Dany) 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kaleidoskop Kamtibmas Polres Tolitoli dalam Konferensi Pers Akhir Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel