-->

 


 


 


Kiprah Ibu Persit di Kabupaten Konawe Utara

 



Konut,Sulawesibersatu.com - Persatuan Istri Tentara Kartika Chandra Kirana (Persit KCK) menggambarkan cita-cita serta kewajiban istri anggota TNI AD yang mencerminkan pola kehidupan serta ikut mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur berasaskan Pancasila dan UUD 1945.



Selain itu Persit KCK juga bertugas membantu pembinaan TNI AD sebagai kekuatan pertahanan keamanan maupun sebagai komponen pembangunan bangsa dan juga mewujudkan kesatuan perjuangan istri anggota TNI yang  berdasarkan rasa senasib, sepenanggungan dan seperjuangan.


Implementasi dari hal tersebut diatas mendorong sosok Andi Semming (37) seorang anggota Persit KCK di Kodim 1417/Kendari untuk mengabdikan diri menjadi Kepala Desa (Kades) Toreo Kecamatan Wawolesea Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.


Komandan Kodim 1417/Kendari Kolonel Kav Agus Waluyo, S.I.P., dalam realesenya mengatakan, sebagai Kepala Desa  yang dilantik untuk periode 2015 sampai dengan 2021 Andi Semming tidak melupakan jati dirinya sebagai seorang Persit serta sebagai ibu rumah tangga, Selasa (8/12/2020).


"Di sela-sela kesibukannya, berbagai kegiatan Persit selalu diikutinya, meski sebagai Kades dia memiliki tanggung jawab besar terhadap kesejahteraan masyarakat di desanya," kata Kolonel Agus.


Impian terbesar ingin membangun, menjadikan desanya lebih baik dalam arti ingin menyejahterakan masyarakat. Salah satu dengan ikut maju dalam proses pemilihan Kades 


Lanjut Dandim, keberhasilan yang diraihnya selama ini berbekal kepercayaan serta dorongan dari masyarakat dan semua komponen  di desanya untuk maju menjadi salah satu kontestan dalam pemilihan kepala desa kala itu. 


“Tidak kalah pentingnya dukungan besar dari suami dan keluarga, serta dari organisasi Persit KCK yang memberikan ruang sebagai warga negara untuk mengikuti proses pencalonan sebagai Kepala Desa, sehingga menduduki jabatan tersebut," ungkap Mantan Kasrem 143/HO.


Selain itu ada sosok yang berperan dibalik kesuksesan seorang ibu Persit KCK yakni  Serma Sabaruddin Babinsa Koramil  1417-06/Lasolo, Kodim 1417/Kendari, berkat kepemimpinannya juga yang sukses mengantarkan sang istri untuk menjadi Kepala Desa.


Keberhasilan istri dari Babinsa tersebut dalam memimpin desanya selama enam tahun, tidak saja membanggakan, namun menjadi indikator bahwa sebagai seorang istri prajurit berhasil membagi waktu untuk keluarga dan masyarakat serta sukses memajukan desanya.


Hal senada disampaikan Andi Semming, bahwa keinginan menjadi Kepala Desa berkat dorongan dari masyarakat dan dukungan dari keluarganya sehingga keinginan untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dapat terwujud.


"Termasuk juga support dari satuan suami dan organisasi Persit KCK yang merestui untuk menjadi Kepala Desa, tekad dan keinginan itu  didasari untuk bisa berbuat banyak kepada masyarakat baik itu dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya," tutur sang Kepala Desa.


Perjalanan tugas sebagai Kepala Desa tak mudah, tapi karena niat yang tulus untuk mengabdi kepada masyarakat, maka waktu itu saya terpilih pada tahun 2015, dimana masyarakat telah memberikan amanah yang akan saya pertanggung jawabkan baik itu di dunia maupun diakhirat nantinya.


"Memajukan Desa yang saya pimpin untuk menjadi lebih baik dari berbagai aspek, semua berkat dukungan warga serta restu dari suami dan anak – anak saya,” tuturnya.


Ditengah kesibukannya sebagai istri prajurit, berhasil membagi waktu untuk kepentingan organisasi Persit, anak dan suaminya termasuk bagi kepentingan masyarakat, dalam hal ini masyarakat Desa Toreo.


Dari organisasi Persitlah yang menjadikan serta menuntunnya dalam memimpin desanya saat ini,  bagaimana caranya menjadi seorang memimpin, serta dapat mengatur waktu baik untuk keluarga maupun memberikan pelayanan bagi masyarakat desa, semuanya dapat terlaksana berkat kerja dan niat yang tulus dan ikhlas. 


Sementara itu Serma Sabaruddin saat dikonfirmasi menyatakan, bahwa akan selalu memberikan dukungan dan support kepada sang istri dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai seorang Kepala Desa.


"Untuk urusan sebagai Kepala Desa saya hanya bisa mengingatkan untuk melaksanakan amanah dari masyarakat desa sesuai dengan koridor dan ketentuan yang ada, sesuaikan dengan aturan insya Allah semuanya akan berjalan dengan baik," ujar Sabaruddin.


Sebagai seorang istri dari prajurit dan anggota Persit, dirinya hanya berharap agar istrinya dapat membagi waktu. (Dy )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kiprah Ibu Persit di Kabupaten Konawe Utara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel