-->

 



 


 


 

Pangdam XIV Hasanuddin Bantu Bedah RTLH Warga Kolut

 



KOLUT,Sulawesibersatu.com - Panglima Daerah Militer (Pangdam) XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal TNI Andi Sumangerukka, S.E., M.M. membantu bedah rumah Mira (57) seorang warga  dusun tiga salumeja Desa Rante Limbong, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Kamis (31/12/20).



Sejak Baco (suaminya) meninggal dunia pada tahun 2015 lalu karna sakit keras,hidup Mira sangat menderita. Tinggal di rumah tidak layak huni. Dindingnya terbuat dari papan, beratap jerami yang sudah berlubang dan hanya ditemani Empat orang anaknya. 


Wanita kelahiran Marege pada 22 - 02 - 1947 yang sehari-harinya bekerja di salah satu kebun milik warga di desa rante limbong dan telah dikarunia 8 orang anak. Namun empat orang anak diantaranya sudah menikah dan kini tinggal berjauhan dengan ibunya.


Komandan Rayon Militer (Danramil) 1412-03 Lasusua, Kapten Inf. Sudarto mengatakan, bantuan Pangdam tersebut dilaksanakan melalui program bedah Rumah Tidak Layak Huni (RLTH) yang diawali dengan pembongkaran rumah dan pemasangan pondasi milik ibu Mira. Sementara warga lainnya terlihat melepas tiang-tiang rumah. Dinding dan tiang-tiang itu, kemudian dikumpulkan menjadi satu dan tidak digunakan lagi.


Selanjutnya, Babinsa bersama warga juga bergotong royong membuat pondasi rumah yang diawali peletakan batu pertama oleh Kepala Desa Rante limbong, Asmal S.Sos didampingi Danramil 1412-03/Lasusua Kapten Inf. Sudarto bersama pemilik rumah dan akan dilanjutkan setiap harinya oleh anggota Koramil 1412-03 Lasusua bersama dengan warga.


"Sekarang kami membongkar rumah dan pemasangan pondasi. sedangkan mulai besok akan dimulai pembangunannya bersama warga. Kami akan mewujudkan rumah yang layak huni untuk bu Mira sekeluarga,” kata Kapten Inf. Sudarto. 


Dia juga memastikan dukungannya terhadap program bedah rumah tersebut, serta berharap kepada para Babinsa agar selalu aktif dalam pelaksanannya. 


Menurutnya, kehadiran Babinsa di tengah -tengah warga dapat meningkatkan semangat dan motivasi warga untuk bergotong-royong. Dengan demikian, pelaksanaan program bedah rumah tersebut dapat berjalan dengan baik tanpa kendala apapun.


Disamping itu, program ini diharapkan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan warga serta bermanfaat bagi warga penerimanya. 


"Dengan gotong-royong, semoga dapat memupuk rasa persatuan dan persaudaraan di lingkungan masyarakat yang belakangan makin menurun,” pungkasnya.


Terpisah, Komandan Distrik Militer (Dandim) 1412 Kolaka, Letnan Kolonel Inf. Risa Wahyu Pudji Setyawan BS.,M.Han menjelaskan bahwa program bedah RLTH ini adalah merupakan program bakti sosial aparat TNI-AD untuk masyarakat. 


Kata dia, program tersebut merupakan bantuan dari Pangdam XIV/Hsn Mayor Jenderal TNI Andi Sumangerukka, S.E., M.M., dan direncanakan akan dilakukan bertahap kepada warga tidak mampu yang ada di wilayah tersebut.


 “Program ini akan sangat membantu masyarakat yang kurang mampu. Dengan bedah rumah ini, rumah yang tadinya tidak layak huni akan jadi layak huni,” ujar Letnan Kolonel Inf. Risa Wahyu Pudji Setyawan BS.,M.Han. 

Sementara, ibu Mira tidak bisa menutupi rasa bahagianya karena rumah yang ditempatnya sejak puluhan tahun itu akan berubah dalam kondisi yang sangat baik.


“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Panglima Kodam XIV/Hsn dan bapak-bapak TNI yang telah peduli dan rela meluangkan waktunya untuk membantu kami. Terima kasih juga untuk warga desa Rante limbong atas kerjasamanya semoga makin semangat dalam bekerja dan gotong-royong ini,” ucap ibu Mira. (Dany )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pangdam XIV Hasanuddin Bantu Bedah RTLH Warga Kolut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel