-->
 

 



 

 



 

Pendidikan Bunda Kasih Melayani dengan Hati

 


Makassar,Sulawesibersatu.com-Kehadiran yayasan Colegio Don Kes Loba Sudiang Makassar Sulawesi Selatan dinilai oleh sejumlah orang tua siswa sangat baik, pasalnya yayasan yang dipimpin oleh Johanes Talo Mau, Spd, MM tersebut cukup peduli terhadap siswa yang tidak mampu secara finansial, "begitu kata sejumlah orang tua siswa yang dimintai komentarnya.


Keterkaitan hal itu Wartawan media ini menjumpai Ketua Yayasan Colegio Don Kes Loba,  Johanes Talo Mau, Spd, MM dikediamannya di Mandai kabupaten Maros Sulawesi Selatan pada Sabtu (26/12/ 2020). Menjawab pertanyaan, pria yang ramah disapa ini menyampaikan  bahwa benar jika ada orang tua siswa  menyampaikan  demikian dan hal itu tidak bisa saya pungkiri, "begitu kata Ketua yayasan yang suka dengan lagu-lagu berirama caca-caca ini. Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa sejak Lembaga Pendidikan ini menjalankan kegiatan proses belajar, mereka melayani orang-orang sederhana yang tentunya sangat sulit buat Yayasan melayani dengan kondisi yang sangat sulit karena keterbatasan dana, namun pihak Yayasan tetap peduli dan berjuang keras untuk mendirikan Sekolah sebagai bagian dari tanggung jawab moral untuk menolong anak-anak dari keluarga yang orang tuanya  tingkat  kesejahteraannya rendah, "begitu kata dia lagi. 


Ketika ditanya, ia menyampaikan bahwa Yayasan yang ia pimpin tersebut bertahan dari 2018-2020, dimana Yayasan ini telah mendirikan empat (4) unit Lembaga Pendidikan yaitu TK, SD, SMP dan SMA Bunda Kasih Sudiang Makassar. Kondisi yang demikian ia akui bermitra dengan pemerintah sehingga Yayasan yang ia nahkodai ini, merasa terbantu dengan bantuan biaya Operasional dari pemerintah. Salah satu contoh Pemerintah bantu sehingga sekolah ini berkualitas, dimana SMP Bunda Kasih, meraih peringkat 14 dari 153 Sekolah Swasta di Makassar dalam memperoleh nilai ujian secara online, "begitu kata dia.


Kedepan diharapkan kepada pemerintah untuk tetap konsisten dalam membantu Sekolah Swasta sama dengan Sekolah Negeri sehingga kualitas dan mutu Sekolah-sekolah bisa bertumbuh dan berkembang sesuai tuntutan pendidikan nasional. Lebih lanjut Johanes Talo Mau, S.Pd, MM menyampaikan bahwa perlu ada perbaikan bantuan Biaya Operasional Sekolah (BOS) yang selama ini dihitung berdasarkan jumlah siswa, ini yang   menyebabkan Sekolah yang jumlah siswanya kecil lambat berkembang dan terancam tutup apalagi mengharapkan mutu dari lembaga tersebut. Maka harapan kami sebagai praktisi pendidikan agar pemerintah ambil kebijakan yang memihak pada Sekolah-sekolah kecil, misalnya dana BOS dihitung secara lembaga sehingga merata secara nasional.


Menyinggung tentang pendidikan yang baik, Johanes Talo Mau, S.Pd, MM menyampaikan pendidikan yang bisa melakukan perubahan peserta didik, baik perkembangan krakter, pengetahuan dan ketrampilan. Lebih lanjut menurut dia, hal ini untuk menjawab tantangan kehidupan nyata. Oleh karena itu, proses pendidikan yang mengutamakan nilai perlu di perbaharui namun yang diutamakan bukan nilai tetapi kemampuan anak untuk menghadapi tantangan kehidupan yang nyata.


Dari aspek iman dan ilmu diharapkan kelak menyatu dalam karya yang berkualitas sehingga berguna untuk Nusa Bangsa oleh karena itu dalam proses pendidikan diajarkan dan dilatih untuk menciptakan dan bukan meniru. (Kato).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pendidikan Bunda Kasih Melayani dengan Hati "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel