-->


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Terkait Tuntutan Hak Kepemilikan Tanah, Koalisi LSM Demo didepan Gerbang PT. Semen Bosowa

 



Barru Sulsel,Sulawesibersatu.com-Terkait Tuntutan Hak atas Kepemilikan Tanah yang terletak di Desa Siawung Kabupaten Barru, Koalisi LSM Makassar melakukan aksi unjuk rasa (demo) di depan gerbang PT. Semen Tonasa yang berada ditempat tersebut pada Rabu (10/3/2021) lalu



Walaupun Lokasi Tanah yang seluas 5 Hekto Are (Ha) ini telah dikuasai oleh pihak PT. Semen Bosowa, namun menurut Kuasa Hukum H. Rusmanto, Burhan Kamma SH yang dikonfirmasi pada Jumat (12/3/2021) mengatakan, bahwa lokasi ini masih sah adalah milik klien kami karena belum ada pembatalan Sertipikat melalui Pengadilan maupun Badan Pertanahan Nasional (BPN) sebagai Institusi yang membuat produk Sertipikat, "ujarnya.



Kendati sempat terjadi riak dari aksi massa yang mengawal pemasangan papan bicara, akhirnya pihak Pengamanan dari Polres Barru berhasil melakukan negosiasi dan Pengamanan untuk melakukan pemasangan papan bicara.


“Kami berharap agar Aparat Penegak Hukum Polres Barru dapat memproses laporan Penyerobotan lahan dari kuasa hukum H. Rusmanto agar SP2HP dan SP3 yang telah dikeluarkan dapat ditindaklanjuti kembali karena adanya tambahan nopum baru dari Kanwil BPN Sulsel yang menyatakan bahwa untuk pembatalan Sertipikat tidak dapat ditindaklanjuti, jadi kami menduga ada Mafia di PT. Semen Bosowa bercokol, ujar Burhan Kamma


Hal yang sama diungkapkan, Yhoka selaku Pendampingan Litigasi dari Koalisi LSM Makassar, ini telah membuktikan bahwa H. Rusmanto adalah tetap pemilik lokasi tanah yang sah sesuai Sertipikat 001 Desa Siawung Barru, ”ungkapnya.


Kendati sempat terjadi ketegangan antara kedua belah pihak hingga terjadi adu mulut dan saling tunjuk, namun pihak Kepolisian Resort (Polres) Barru mampu menenangkan kedua belah pihak.


Selanjutnya, Koalisi LSM yang bersama dengan pemilik lahan yang sah SHM 001 Siawung Barru, H. Rusmanto kemudian memasang papan bicara kedua yang berada dilokasi yang sama tak jauh dari papan bicara sebelumnya yang telah dipasang lalu diduga dirobohkan, pada kesempatan itu pula pihak H. Rusmanto memperbaiki papan bicara tersebut.


Saat ini dilokasi berdiri kokoh papan bicara dari pemilik SHM 001 Siawung Barru, H. Rusmanto Effendy ditengah-tengah akses jalan masuk ke PT.Semen Bosowa Barru.


Pemilik SHM 001 Siawung Barru, H. Rusmanto Effendy berharap agar pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia segera menurunkan Tim Satgas Mafia Tanah ke Kabupaten Barru untuk menangani Kasus yang terjadi di Desa Siawung karena diduga pihak PT. Semen Bosowa telah melakukan upaya-upaya Mafia dalam mengambil lahan SHM 001 milik kami, "kuncinya.

(EML)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Terkait Tuntutan Hak Kepemilikan Tanah, Koalisi LSM Demo didepan Gerbang PT. Semen Bosowa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel