-->

 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Kapolda Sulsel Harap Peran Serta Masyarakat Dalam Ikut Menangkal Aksi Terorisme

 


Makassar,Sulawesibersatu.com-Kapolda Sulsel, Irjen. Pol. Drs. H. Merdi syam, M.Si melalui Kabag Analis Ditintelkam Polda Sulsel, AKBP Nurhalim berharap masyarakat ikut serta mengawasi  faham-faham radikalisme dan Teroris di wilayah masing masing.  



“Kami berharap masyarakat ikut serta mengawasi gerakan radikalisme dan Terorisme. Artinya sebagai warga yang peduli dengan  keamanan negara ini, maka kita perlu tahu siapa tetangga kita, disebelah kiri dan kanan, muka dan belakang rumah kita, ”ujar Nurhalim saat membawakan materi Seminar kebangsaan Bela Negara dari Faham Radikalisme dan Teroris  di Hotel Ramcy Makassar pada Kamis (22/7/2021).



Adapun materi yang dibawakan Kapolda, yakni peran babinkamtibmas  dalam menjaga keamanan dari faham radikalisme dan Teroris. Menurut Nurhalim, Babinkamtibmas memiliki peran yang sangat penting ditengah tengah masyarakat,  sebagai perpenjangan tangan dari Kapolri untuk siap membantu dan melayani masyarakat. 


“Apapun pangkatnya Babinkamtibmas itu merupakan Bhayangkara yang memiliki peran penting dalam melakukan pengamanan serta pelayanan kepada masyarakat, ”ujar Nurhalim.


Kegiatan yang dilaksanakan Badan Khusus Pengawasan, Pengamanan dan Operasional (Waspamops –LMR-RI) Sulsel itu menurut kepala BK Waspam Ops Sulsel Andi Unru Thahir, agar masyarakat dan pemerintah tidak lengah dengan status darurat Covid-19 ini, yang bisa saja di manfaatkan oknum Teroris melakukan aksinya. 


“Kami menyadari, bahwa di saat ini, CORONA atau Covid 19 telah membuat pemerintah kita bekerja keras siang dan malam untuk mengatasinya. Namun kita juga tidak bisa lengah dengan ancaman Radikalisme dan Teroris yang merupakan musuh utama paling berbahaya dan mengancam persatuan dan kesatuan di bumi pertiwi tercinta ini. Dan bisa saja tiba tiba muncul, tanpa kita sadari, ”harap Andi Unru.


Pembicara lain yang tampil dalam kegiatan itu, adalah  Prof. Dr. Andi Alimuddin, M.Si Ketua LPPM Unhas dengan materinya Bela Negara: Tujuan, Fungsi, dan Manfaat Dalam Melawan Aksi Radikal dan Terorisme.


“Terorisme adalah ancaman kekerasan yang direncanakan untuk menciptakan suasana ketakutan dan bahaya dengan maksud menarik perhatian demi untuk memaksakan kehendak untuk mencapai tujuan kelompok tertetntu, ”ujar guru besar Unhas ini.

 

Ia juga berharap agar penanganan Teroris itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi kita bisa cegah dengan bersatunya masyarakat untuk menangkal sejak dini gerakan radikalisme yang terjadi di tengah tengah lingkungannya dan segera melaporkan segala tindakan yang dicurigai bakal terjadinya aksi terror tersebut, ”tandas Prof. Andi Alimuddin


Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah elemen organisasi kepemudaan seperti Perada, GMKI, GMKRI, HMI, BMI dan para pengurus LMR-RI Bone dan Gowa serta pengurus Waspamops Sulsel dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (Udhin)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kapolda Sulsel Harap Peran Serta Masyarakat Dalam Ikut Menangkal Aksi Terorisme"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel