-->


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Sisihkan Ribuan, 51 Pemuda Sultra Bertarung Jadi Prajurit TNI AD

 


Kendari,Sulawesibersatu.com - Setelah melalui seleksi yang ketat, 51 orang Pemuda Sultra berhasil menyisihkan ribuan peserta lainnya untuk bertarung jadi prjaurit TNI AD di Sub Panitia Pusat (Sub Panpus) Makassar.


Hal itu disampaikan Plh. Kapenrem 143/HO Letda Inf Rusmin Ismail dalam rilisnya, Kendari, Sultra Rabu (8/9/2021).


Dijelaskan Kapenrem, dalam parade dan sidang Pantokhir Penerimaan Caba PK TNI AD TA 2021 di Sub Panda Kendari diikuti oleh 106 pemuda dari Sultra.


"Acara dipimpin Danrem 143/Ho, Brigjen TNI Jannie A. Siahaan dan dihadiri pengawas dari Kodam XIV/Hsn Brigjen TNI Andi Kaharudin serta panitia penyelenggara,"ujar Rusmin.


Dari 1.083 orang yang ikut, lanjutnya, di tahap pra parade terseleksi 207 orang  yang memenuhi syarat dan lulus pemeriksaan administrasi, kesehatan dan Jasmani.


"Dari 1.083 pemuda yang ikut terdiri dari bermacam latar belakang, diantaranya suku yang paling banyak yaitu Buton  272 orang, Bugis 237 orang, Muna 196 orang, Tolaki 170 orang,"rinci Rusmin


"Selain itu banyak juga putra daerah dari Jawa, Makassar, Toraja, Bali, Moronene, Bajo dan masih banyak lainnya yang memang besar di Sultra,"imbuh dia.


Sebagaimana di tegaskan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, kata Rusmin, dalam seleksi tahun ini diprioritaskan bagi putra daerah dimana peserta tinggal.


"Sebagaimana di sampaikan Danrem, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa sangat konsen terhadap putra daerah, sehingga para pendaftar wajib minimal tinggal di sub Panda seleksi selama 3 tahun,"tegas Rusmin.


Kegiatan Parade dilaksanakan di Aula Jenderal Sudirman dan Sidang Pantokhir dilaksanakan di Ruang Rapat Tamalaki Korem 143/HO, Selasa (7/9/2021).


Lebih lanjut disampaikan Rusmin, keberlangsung hingga malam dan selepas Pantokhir langsung diumumkan serta kepada peserta yang gugur diberikan surat keterangan yang berisi capaian selama seleksi dan diberikan juga konsultasi atau penjelasan supaya bisa dijadikan masukan bagi mereka.


" Dari 206 yang ikut Pra Parade terseleksi 106 orang berdasarkan peringkat terbaik untuk mengikuti Parade dan hasilnya 51 orang dinyatakan lulus  untuk mengikuti tingkat Sub Panpus di Makassar,"ternag Rusmin


"Terbanyak dari Kolaka 33 orang, Buton 5 orang, Muna 4 orang, Kendari 5 orang dan Butur 4 orang.


Nantinya, lanjut dia, mereka akan memperebutkan alokasi Kolaka 22 orang sedangka Buton, Muna, Kendari, Butur masing-masing 3 orang.


"Semula memang alokasi Sultra 60 orang, namun karena masih banyak satuan yang belum mencapai jumlah ideal maka alokasi penerimaan menjadi 34 orang,"terang dia lebih lanjut.


Sementara itu, dalam sambutannya kepada para panitia yang hadir, Danrem 143/HO menegaskan bahwa dalam proses seleksi penerimaan calon prajurit harus dilaksanakan secara ketat, objektif, transparan, jujur dan berkeadilan


"Menjadi calon prajurit merupakan hak setiap warga negara. Selaku panitia kita harus memberikan ruang, memfasilitasi agar para pemuda Sultra dapat menerima haknya dalam proses (seleksi) yang obyektif, transparan, jujur dan berkeadilan,"ucap Jenderal yang akrab di panggil Jannie ini.


Terkait prinsip berkeadilan, menurut Jannie  adalah semua mendapatkan perlakuan dan kesempatan yang sama.


"Jika kita tidak menerapkan prinsip itu, maka yang akan rugi adalah TNI AD dalam hal ini negara dan rakyat Indonesia,"kata lulusan Akmil tahun 1991 dan SMA N 1 Kendari tahun 1988 itu.


Ditempat yang sama dan usai mengumumkan kelulusan Kasipers Kasrem 143/HO Kolonel Arh Saptrendra katakan bahwa 51 pemuda terbaik Sultra itu akan diberangkatkan ke Makassar pada hari Jumat (11/9/2021).


"Dalam seleksi yang sangat ketat itu, sebagai Ketua Sub Panda Kendari, Brigen TNI Jannie A. Siahaan meluluskan 51 orang yang diantaranya 2 orang Hafidz Qur'an, 3 orang atlet Sultra  (Pencak Silat, Renang dan Karate ) serta 1 orang lagi yang menguasai 2 bahasa asing yaitu Inggris dan Spanyol,"kata Sapta.


"Korem 143/HO menjaring calon yang tidak saja memiliki kesehatan dan jasmani yang bagus tapi juga mempertimbangkan capaian prestasi peserta. Ini penting, karena sekaligus bisa sebagai apresiasi kepada pemuda Sultra yang berprestasi.,"pungkasnya.(Dy)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sisihkan Ribuan, 51 Pemuda Sultra Bertarung Jadi Prajurit TNI AD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel