-->

 


 


p>

 


 

Hibah 106 Hektar, Hadiah Ultah TNI dari Masyarakat Buton untuk Korem 143/HO

 



Kendari,Sulawesibersatu.com - Dalam acara syukuran memperingati HUT ke-76 TNI, Korem 143/HO menerima hibah tanah seluas 106 Hektar dari masyarakat Buton yang diserahkan oleh Bupati Buton Drs. La Bakri, M.Si kepada Danrem 143/HO Brigjen TNI Jannie A. Siahaan.



Hal itu disampaikan Plh. Kapenrem 143/HO Letda Inf Rusmin Ismail dalam rilisnya, Kendari, Sultra, Selasa (5/10/2021)


Diungkapkan Rusmin, acara syukuran yang dihadiri Gubernur Sultra dan Forkompimda Prov Sultra dan Bupati Buton serta Sekda Pemkab Buton itu dilaksanakan setelah upacara peringatan HUT ke-76 TNI yang dilaksanakan secara virtual dan dipimpin Presiden RI Ir. Joko Widodo.


“Danrem 143/HO dan Gubernur Sultra beserta Forkompimda mengikuti upacara secara virtual di lapangan parkir Rujab Gubernur Sultra,”ujar Rusmin.


“Hadir juga para pejabat utama Korem 143/HO, Lanal Kendari dan Lanud Haluoleo serta Balak Aju Kodam XIV/Hsn yang berada di Kendari,”tambahnya.


Terkait acara syukuran yang berlangsung di Aula Rujab Gubernur Sultra, Rusmin sampaikan berlangsung secara sederhana dan penuh akrab.


“Meski sederhana, dalam acara syukuran dirasakan istimewa. yaitu TNI AD dalam hal ini Korem 143/HO menerima hibah tanah seluas 106 Hektar dari masyarakat Buton yang diserahkan Bupati Buton kepada Danrem 143/HO dan disaksikan Sekda Pemkab Buton serta Forkompimda Sultra,”tandas Rusmin.


Sebagaimana disampaikan Danrem dalam sambutannya, lanjut Rusmin, hibah tanah untuk pembangunan Korem Kepulauan di wilayah Buton ini tidak saja sebagai kado ulang tahun TNI tapi juga sekaligus wujud kepercayaan dan kemanunggalan TNI-Rakyat di wilayah Sulawesi Tenggara, khususnya Kabupaten Buton. 


Sementara itu, saat memberikan sambutan dihadapan Gubernur Sultra dan undangan, Danrem 143/HO menyampaikan bahwa peringatan HUT merupakan momen untuk introspeksi 


“ Ke depan dapat melakukan evaluasi dan perbaikan yang lebih baik, dalam rangka menjalankan pengabdian dan darma bakti kepada rakyat dan bangsa Indonesia,” tegas Brigjen TNI Jannie A. Siahaan.


Sebelumnya Jannie ungkapkan bahwa sejak tahun 2020 dan 2021, Korem 143 telah mendapatkan ratusan tanah hibah dari Pemkab Wilayah Sultra untuk pengembangan satuan.


“Tahun lalu (2020), dari Pemkab Kolaka Utara seluas 19,06 Ha untuk Pembangunan Kodim Kolaka Utara,”ujar Jannie  


Kemudian tahun 2021, Korem 143/HO mendapatkan hibah tanah 37 Ha dari Pemkab Bombana untuk pembangunan Makodim Bombana dan Kompi Yonif 725/Wrg serta dari Pemkab Muna Barat menerima hibah tanah seluas 92.532 Ha untuk pembangunan Ki 725/Wrg.


Untuk diketahui, Yonif 725/Wrg merupakan satu-satunya satuan tempur yang dimiliki Korem 143/HO dengan wilayah operasi di Kepulauan Konawe, Kolaka, Buton, Muna dan Butur yang seluruhnya terhubung dengan laut.


“Kemudian dari Pemkab Konawe Utara seluas 5.3 Ha untuk pembangunan Koramil Langgikima dan Lamonae,”tambah Jannie.


Selain menerima hibah tanah untuk gelar Satuan, Jannie juga berterima kasih kepada Gubernur Sultra yang telah mendukung operasional jajarannya.


“Berupa 50 unit SPM Merk Yamaha pada tahun 2020 dan pada tahun 2021 berupa pembangunan sarana pendukung satuan berupa bagunan garasi, lapangan tenis serta perbaikan lapangan apel Makorem,”kata Jannie lebih lanjut.


Masih ditempat yang sama, Bupati Buton menyampaikan bahwa hibah tanah kepada TNI AD itu juga untuk membantu meningkatkan pembangunan kesejahteraan masyarakat dan keamanan wilayah.


“Terdapat 5 titik yang dihibahkan. Selain untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga untuk meyakinkan tidak ada sejengkal tanah di wilayah Buton yang diambil oleh pihak lain,”tegas La Bakri.


“Ini juga selaras dengan rencana pembangunan Provinsi Kepulauan yang sedang digagas bersama Pak Gubernur, sehingga nanti ada satuan TNI AD yang setingkat Korem,”imbuhnya.


Senada disampaikan Bupati Buton dan Danrem 143/HO, Gubernur Sultra pun menegaskan bahwa dengan adanya pembentukan Provinsi dan Korem kepulauan di Buton  maka dirinya berharap akan terbentuk Kodam di Sulawesi Tenggara.


“Lusa saya akan rapat dengan DPR, semoga provinsi kepulauan diantaranya Buton dapat terealisasi dan kedepan dengan adanya Korem di sana maka di Sulawesi Tenggara akan terbentuk Kodam,”tutup Ali Mazi.(Dany)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hibah 106 Hektar, Hadiah Ultah TNI dari Masyarakat Buton untuk Korem 143/HO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel