-->

 


 


 


 


 



 

 


 


 


Komunitas Pelaku Usaha Bersama Pemerhati Komunitas Gelar Bincang Santai Terkait Bisnis UMKM

 



Takalar Sulsel, Sulawesibersatu.com-Dalam rangka mengembangkan Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Komunitas Pelaku Usaha bersama Pemerhati Komunitas menggelar bincang santai tapi serius yang diselenggarakan di Cafe Saung D'Luna yang terletak di Jalan Poros Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan pada Jumat (26/11/2021). 



Komunitas Pelaku Usaha UMKM Kabupaten Takalar, Arkam Muliadi mengatakan, bahwa sejak adanya Pandemi Covid-19 banyak Pelaku bisnis UMKM yang merasakan dampaknya begitupun dengan Pengusaha besar banyak yang Kolaps alias Bangkrut hingga menyebabkan banyaknya tenaga kerja dirumahkan, "ujarnya.



Ia menambahkan, beda dengan sebelum adanya Pandemi ini para Pelaku bisnis di UMKM betul-betul dapat menjadi penyelamat karena mampu meningkatkan usahanya hingga mencapai 350 persen, "ujarnya.


Menyikapi hal itu, lanjut Arkam, masih banyak kendala-kendala yang harus dibenahi dalam Komunitas Pelaku UMKM Takalar, diantaranya belum maksimalnya jaringan ataupun koneksi yang dibangun, "jelasnya.


Begitupun dengan Pemerhati Komunitas Sahabat Takalar, Ir. H. Mohammad Firdaus, MM Daeng Manye menjelaskan, bahwa langkah awal yang dilakukan oleh Pelaku Bisnis UMKM adalah membenahi Legalitas Administrasi Komunitasnya dan seyogyanya harus memiliki power dalam menggeluti yang namanya sebagai Pelaku Usaha, kemudian memiliki Data Base yang rapih serta memiliki Visi dan Misi lebih terarah serta tepat sasaran, "ujar Daeng Manye sapaan akrabnya.


Setelah itu sambungnya, perlu mensetting dengan baik Manajemen Program Kerja, peka dalam menjemput peluang yang berbasis kreatif Digital Internet 4.0, "jelasnya.


Disisi lain Daeng Manye juga berharap agar para Pelaku Bisnis Usaha UMKM Takalar bisa membaca peluang dengan meningkatkan daya Marketing Go Nasional sampai Go Internasional kedepannya karena di Kabupaten ini memiliki Potensi besar dalam pengembangan Pangsa Pasar "kuncinya. (Farid S).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Komunitas Pelaku Usaha Bersama Pemerhati Komunitas Gelar Bincang Santai Terkait Bisnis UMKM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel