-->

 



 

 


 


 


 



 

 


 



 

 



 


 

 



 

Kadisdik Kota Makassar Hadiri Penyerahan Duplikat Benda Pusaka Kerajaan Bone

 


Makassar Sulsel, Sulawesibersatu.com-Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Makassar H. Muhyiddin, SE, MM menghadiri acara Penyerahan Duplikat Benda Pusaka Kerajaan Bone dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone kepada Pangdam XIV/Hasanuddin  Mayjen TNI Andi Muhammad, SH, bertempat di Rumah Adat Kerajaan Jalan Kumala Kecamatan Tamalate Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Rabu (16/3/2022).



Duplikasi benda-benda Pusaka Kerajaan Bone berupa Kelewang La Tea Riduni, Keris La Makkawa, Teddung Pulaweng, Teddung Salaka, Selempang Emas Raja, Songkok Recca, Bosara Besar, Bosara Kecil, Baki dan Tempat Gelas Gellang Peninggalan Raja diserahkan dari Bupati Bone, Dr. H. Andi Fahsar Mahding Padjalangi, M.Si, kepada anak cucu Raja Bone Andi Mappayukki yaitu Mayjen TNI Andi Muhammad, SH, Pangdam XIV/Hasanuddin.



Prosesi Adat penyambutan diawali dengan Tarian Adat Serebissu yang dilanjutkan dengan penjelasan tentang Duplikat Benda Pusaka Kerajaan Bone oleh Pemangku Adat Bone, Andi Yushan Petta Tappu.



Untuk diketahui Mayjen TNI Andi Muhammad, SH, adalah anak dari pasangan H. Andi Bau Datu Sawa Andi Mappanyukki dan Hj. Nurhayati Daeng Ngintang.


Merupakan cucu langsung dari H. Andi Mappanyukki Raja Bone ke-32 dan cicit langsung dari Raja Bone ke-34, IMakkulau Daeng Serang Karaengta Lembang Parang.


Andi Mappanyukki adalah salah satu Raja Kharismatik memiliki banyak Historis Sejarah yang luar biasa. Disamping itu menjadi Raja, sekaligus menjadi Bupati Bone dan di jamannya Andi Mappanyukki yang memimpin Raja-Raja di Sulsel untuk bersatu serta bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada Tahun 1950.


Kadisdik Kota Makassar H. Muhyiddin, SE, MM saat dijumpai dilokasi acara berharap semoga kegiatan ini mampu memberikan pengetahuan bagi masyarakat khususnya para pelajar terkait pengetahuan serta pemahaman terhadap kelestarian sejarah dan budaya.


Lanjut Mahyuddin, tujuan kita sebagai Pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan tentunya mengajak para Pelajar untuk terus mencintai dan turut melestarikan nilai-nilai Sejarah dan Budaya serta Kearifan Lokal Daerah Sulawesi-Selatan khususnya Kota Makassar ini, "ujarnya.


Hadir pada acara Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XIV/Hasanuddin, Ny. Amelia Andi Muhammad, Kasdam, Irdam, Kapok Sahli, Danrem 141/TP, para Asisten, para Kabalakdam, para Dansat, Wakil Bupati dan segenap unsur Forkopimda Kabupaten Bone.


Kegiatan ini ditutup dengan acara penyerahan Benda Pusaka dan Piagam Penghargaan kepada 3 Pilar Desa Perwakilan dari 5 Desa di Kabupaten Bone. (Ramzi/MH)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kadisdik Kota Makassar Hadiri Penyerahan Duplikat Benda Pusaka Kerajaan Bone"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel