-->

 



 

 


 


 


 



 

 


 



 

 



 


 

 



 

Ponpes Manbaul Qur'an Fokus Untuk Penghafal Qur'an dan Kitab Kuning

 



Kubu Raya Kalbar, Sulawesibersatu.com-Pondok Pesantren (Ponpes) Manbaul Qur'an menggelar acara Milad (Hari Jadi) ke-8 yang dilaksanakan bertepatan dengan Penutupan acara Perlombaan Santri dan Santriwati yang terletak di Sumber Bahagia Desa Sui Asam Kecamatan Sui Raya Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) pada Selasa (22/3/2022) malam. 


Adapun Perlombaan yang diperlombakan dalam acara tersebut yaitu Lomba Baca Kitab, Hafalan Qur'an dan Hadits dengan mengundang beberapa Habib (Para Habaib) diantaranya, Habib Ali Al-Qodri, Habib Muhammad Al-Qodri dan Habib Abdurrahman Bin Muhdar Al-Qodri dalam memberikan Piala kepada para Santri yang berprestasi. 


Dalam Ceramah dan Tausiahnya, Habib Abdurrahman Bin Muhdar Al-Qodri mengatakan, "alhamdulillah saya sangat senang disaat melihat para Santri dan Santriwati dalam mengikuti Lomba Hafal Kitab dan Al-Qur'an, walaupun tidak sampai 30 Juz tapi ini adalah sangat luar biasa semoga kedepannya lebih bisa ditingkatkan lagi, "ujar Habib Abdurrahman. 


Habib Abdurrahman menambahkan, bahwa Pendidikan sejak dini memang harus diterapkan kepada anak khususnya para Santri yang memang saat ini lagi mondok supaya setelah dewasa mereka sudah mengerti tentang Agama agar hidupnya dapat menjadi terarah ke Jalan yang benar yaitu Jalan yang di Ridhoi oleh Allah, SWT dan Rosulnya, sementara ilmu yang didapat nanti bisa berguna untuk diamalkan bagi diri sendiri dan bermanfaat juga untuk orang lain, "ujarnya.


Hal yg sama diungkapkan Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Manbaul Qur'an, KH. Usnul Akbar, "acara ini adalah rutinitas setiap Tahun untuk para Santri yang dilaksanakan disetiap Pondok, bukan hanya disini tapi disetiap Pondok biasanya memang mengadakan kegiatan seperti ini dan dalam setiap pelaksanaannya biasanya sampai satu minggu kadang lebih karena itu tergantung dari Perlombaan yang diikutkan kepada para Santri agar kita bisa tau yang mana Santri Berprestasi dan yang tidak Berprestasi, makanya setiap selesai Perlombaan ada hadiah bagi Santri yang Berprestasi untuk bisa lebih menjadi motivasi lagi bagi Santri yang lain, "ujarnya.


Disisi lain, lanjutnya, Pendidikan disini di fokuskan Khusus untuk menghafalkan Al-Qur'an dan Kitab kuning saja, tapi kalau di Sekolah Umum juga sama- sama diterapkan karena tidak ada larangan akan tetapi kami disini lebih memfokuskan ke Pelajaran Ilmu Agamanya, "tutupnya. (NJ/MH)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ponpes Manbaul Qur'an Fokus Untuk Penghafal Qur'an dan Kitab Kuning"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel