-->

 


 


 


 


 



 

 


 


 


Histori Lokasi Manggala Kecamatan Manggala Provinsi Sulawesi Selatan

 



Makassar Sulsel, Sulawesibersatu.com-Tanah Manggala yang terletak di Kecamatan Manggala Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tersebut yang pada waktu itu masih dibawah Penguasaan Oie dengan Alas Hak yaitu Hak Guna Usaha (HGU Nomor 1). 



Hal ini dipertegas oleh Kuasa Khususnya pada waktu itu, Ilyas Sudding, SH ketika dikonfirmasi Media ini pada Ahad (24/7/2022) dikediamannya mengatakan, bahwa karena Oie butuh Pinjaman modal untuk membuka usaha maka dijaminkanlah Sertipikat HGU-nya ke Bank, "ujar Ilyas. 


Ilyas menambahkan, namun seiring dengan berjalannya waktu karena tidak dapat menebus ataupun melunasi Pinjaman tersebut, pihak Perbankan melelang jaminannya yang kemudian dimenangkan oleh Hasyim Daeng Manappa dan langsung membayarkan pihak Perbankan ke Kas Negara, "ujar Ilyas.


Setelah memenangkan lelang, sambung Ilyas, Hasyim Daeng Manappa kembali meninjau lokasi di Manggala, ketika meninjau dan melihat lokasi itu secara langsung maka dia merasa ragu dengan keadaan Tanah tersebut pada waktu itu, dalam keraguannyalah maka diberikanlah Mandat kepada Fachruddin Daeng Romo atau akrab disapa dengan sebutan Karaeng Romo untuk menduduki atau menguasai Tanah tersebut, "urai Ilyas. 


Begitu mendapatkan Mandat, lanjut Ilyas, maka dipanggillah Pak Sabir untuk menjaga dan mengamankan lokasi karena pada saat itu lokasi disana dikuasai oleh oknum-oknum yang tidak diketahui dari mana asalnya, "jelas Ilyas.


Disisi lain, menurut Ilyas, Karaeng Romo itu berhasil menguasai Tanah tersebut hingga Tahun 70-an dan dijadikan lahan Perkebunan yang digarap oleh beberapa Penggarap berdasarkan Surat Kuasa dari Hasyim Daeng Manappa, "tutupnya. Bersambung. (TIM)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Histori Lokasi Manggala Kecamatan Manggala Provinsi Sulawesi Selatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel