-->

 


 


 


 


 



 

 


 


 


Gowa Menuju SMART VILLAGE

 


Jakarta, Sulawesibersatu.com-Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Gowa bersama Jajaran berkunjung ke Kementerian Desa (Kemendes) Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) melalui Dirjen Pengembangan dan Daya Saing Desa pada Senin dan Selasa (21 sampai 22/11/2022) dalam menjalin Kolaborasi untuk meningkatkan Daya Saing Desa melalui Program SMART VILLAGE "Desa Cerdas".



Adapun unsur yang terlibat dalam Kunjungan tersebut yaitu Dinas PMD beserta Jajaran, Anggota Komisi 1 DPRD Gowa, Wahyuni Nurdani, dan Pemerintah Desa yang diwakili Kades Bontolempangang yang juga Sekretaris Umum (Sekum) APDESI Kabupaten Gowa.



Kadis PMD Kabupaten Gowa, Muhammad Basir, S. Sos, M.AP yang dikonfirmasi Media ini mengatakan, bahwa semua Desa di Kabupaten Gowa harus sesuai dengan harapan Bupati dan Wakil Bupati untuk  mendorong Desa agar berinovasi dan meningkatkan daya saing desa krn dengan adanya Inovasi dan Daya Saing Desa yang tinggi akan mampu menggali potensi-potensi yang dimiliki Desa baik Potensia Alam, Ekonomi maupun Sumber Daya Manusia, "ujarnya. 


Ia menambahkan, Pemerintah Desa harus paham dengan Regulasi Desa, Pemanfaatan Anggaran yang Tepat dan Produktif, Transparansi, Partisipasi serta Kolaborasi maka dengan demikian Desa akan lebih cepat Berkembang, Maju dan Mandiri, "ujarnya.


Langkah ini, sambungnya, yang mendorong kita agar menjalin kerjasama dengan Kemendes PDTT untuk bersama-sama mewujudkan Digitalisasi Desa melalui Program SMART VILLAGE "Desa Cerdas" yang nantinya akan memudahkan Desa dalam hal Pelayanan pada masyarakat, Keterbukaan Informasi serta menjadi Media bagi Desa dalam menawarkan segala potensi yang dimiliki Desa tersebut, "jelasnya.


Selain itu, lanjutnya, ada 6 Pilar yang ingin kami capai yakni Smart Goverment, Smart Economy, Smart People, Smart Mobility, Smart Living dan Smart Environment.


Hal yang sama diungkapkan,  Sekretaris Umum (Sekum) APDESI Gowa terkait kunjungan itu menyampaikan bahwa langkah yang dilakukan oleh Dinas PMD Gowa sangat tepat dalam rangka mendorong Desa agar mampu memanfaatkan Teknologi untuk mempercepat Pembangunan di Desa. 


"Kita sangat mengapresiasi upaya pak Kadis PMD dan kami akan kawal Program ini agar bisa terwujud untuk dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Desa serta berkonstribusi dalam Pembangunan Daerah sebagaimana yang diharapkan Pemerintah Daerah maupun Nawacita Bapak Presiden, "tutupnya. (Haeruddin)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gowa Menuju SMART VILLAGE "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel