-->

 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Yayasan Kami Peduli Bangsa Gelar Seminar Literasi Hadirkan Pusdiklat JOIN

 
Sulsel,Sulawesibersatu.com - Kegiatan Seminar Literasi yang digelar oleh Sekolah Islam Terpadu (SIT) Smart School Makassar (SSM) dihadiri oleh semua tenaga pendidik dibawah naungan Yayasan Kami Peduli Bangsa, yang digelar di Aula pertemuan SIT SSM pada Jumat (10/7/2020) setelah sebelumnya juga dihadiri oleh Kepala Balai BMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan, S.Si, M.Si.             


Direktur Pusdiklat Jurnalis Online Indonesia (JOIN), Zulkarnain Hamson, S.Sos, M.Si mengatakan bahwa
Literasi secara etimologi berasal dari bahasa latin yaitu Littera yang memiliki pengertian melibatkan sistem tulisan yang menyertainya. Literasi adalah Hak Azasi Manusia yang fundamental dan pondasi untuk belajar sepanjang hayat. Hal ini penting sepenuhnya untuk pembangunan sosial dan manusia dalam kemampuannya untuk mengubah kehidupan, "jelasnya.


Ia menambahkan, Akuntabilitas menjadi sebuah keniscayaan, dalam era keterbukaan informasi saat ini, Publik dalam kedudukannya sebagai pengguna jasa, akan menjadikannya sebagai alat ukur dalam memilih layanan, termasuk pendidikan, "ujar Zulkarnain.


Disisi lain lanjutnya, baik guru maupun dosen dituntut memiliki kepekaan pada harapan publik, fenomena penggunaan media sosial sebagai bagian dari akuntabilitas, jangan dianggap remeh dan kepercayaan orangtua siswa akan kredibilitas seorang guru atau dosen yang membimbing pendidikan anaknya, bisa terbaca melalui media sosial.

Sembari mewanti-wanti agar Guru dan Dosen sebaiknya berhati-hati mengirim pesan yang tak berkaitan dengan kompetensi dan keahlian yang dimilikinya di media sosial, seperti 'sampah informasi' untuk dicerna publik.

"Kita masih sering mendapati pendidik mengirim berbagai pesan yang terkesan sampah di media sosial, selfie, posting makanan yang tujuannya pamer, bahkan tiktok sekadar goyang badan. Postingan status yang bermanfaat dan sesuai kompetensi, karena rekam digital akan membantu akuntabilitas bagi diri dan lembaga yang menaunginya, "tambah Zulkarnain yng juga dosen Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Indonesia Timur (UIT), yang sedang menyelesaikan studi doktoralnya di Universitas Hasanuddin.

Hal yang sama dikatakan Ketua Yayasan Kami Peduli Bangsa yang juga menaungi SIT SSM, Muh. Yasin mengucapkan rasa syukurnya karena kegiatan seminar literasi ini berjalan baik dan lancar. "Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat sehingga kegiatan dalam rangkaian Rapat Kerja Tenaga Pendidik SIT SSM yang salah satunya seminar literasi berjalan sesuai harapan, "ucapnya dengan penuh rasa syukur.

Begitupun dengan Pemimpin Redaksi wartasulsel.net yang juga Ketua JOIN Takalar, Aimal Situru yang mendampingi Direktur Pusdiklat JOIN yang didaulat mengarahkan acara Seminar Literasi SIT SSM.  "Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini kami bisa silaturahim dengan para pendidik yang tetap mengedepankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19, dimana kita ketahui bersama bahwa Makassar masih dalam kategori zona merah, "tuturnya. (Farid/Hairuddin)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Yayasan Kami Peduli Bangsa Gelar Seminar Literasi Hadirkan Pusdiklat JOIN "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel