-->

 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Satgas TMMD-Ke109 Kodim 1416/Muna Bersama Dinas Kesehatan Gelar Penyuluhan Kesehatan

 



Muna,Sulawesibersatu.com - Pola hidup bersih dan sehat sangat perlu dijaga serta dilestarikan di lingkungan. Apalagi saat ini, banyak pengaruh yang datang dari luar sehingga hal itu memudahkan serangan virus yang menyebarkan berbagai penyakit.



Hal ini disampaikan  Asnawati, S.Km Kapuskesmas Kec. Bone, yang didampingi oleh Pasiter Kodim 1416/Muna Lettu Arh Syarifuddin serta Camat Bone Mulyono S. Sos saat memberikan Materi di kegiatan Sosialisasi penyuluhan Kesehatan dan  perilaku hidup bersih dan sehat dengan tema Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.


Penyuluhan kesehatan ini, merupakan salah satu program non fisik TMMD ke-109 Kodim 1416/Muna bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab. Muna yang tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan.



Kegiatan penyuluhan kesehatan ini diselenggarakan di Aula Puskesmas Kec. Bone Desa Bone Kancitala Kab. Muna Sultra,(15/10/2020).


Penyuluahan ini dihadiri sekitar 30 warga, antara lain perangkat desa, BPD (badan permusyawaratan desa), kader Posyandu dan pengurus PKK.


Kapuskesmas selaku pemateri menjelaskan, "perilaku hidup bersih dan sehat  adalah sekumpulan perilaku yang dipraktekkan atas dasar kesadaran, sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesadaran masyarakatnya.


Dijelaskannya, untuk mencapai taraf kesehatan bagi semua, maka paling sedikit yang harus tercakup dalam pelayanan kesehatan dasar adalah pendidikan tentang masalah kesehatan umum, cara pencegahan dan pemberantasannya, seperti tidak merokok, makan dengan gizi yang seimbang, rumah mempunyai Jamban, dll.


"Peningkatan persediaan pangan dan kecukupan gizi, penyediaan air minum dan sanitasi dasar. Lalu, pelayanan kesehatan ibu dan anak termasuk keluarga berencana serta imunisasi termasuk pengobatan dan pengadaan obat," katanya.


"Pelayanan kesehatan dasar merupakan kunci untuk mencapai derajat kesehatan yang layak bagi semuanya.


Ia mengharapkan, usai penyuluhan ini masyarakat dapat semakin mengerti tentang arti hidup sehat untuk diajarkan pada anak-anaknya.


Seperti membuang sampah pada tempatnya, cuci tangan dengan air bersih sebelum makan, melatih anak untuk buang air besar/kecil ditempatnya dan pemberian gizi yang memadai.


Laporan:Umar Dany

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Satgas TMMD-Ke109 Kodim 1416/Muna Bersama Dinas Kesehatan Gelar Penyuluhan Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel