-->

 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Prof. Jasruddin Tinjau Lokasi Laboratorium Pertanian YAPTI

 



Jeneponto Sulsel, Sulawesibersatu.com-Kepala LLDikti Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo, Prof Dr Jasruddin M.Si, pada Jumat (17/9/2021) meninjau lokasi pembangunan  laboratorium pertanian Yayasan Perguruan Tinggi (YAPTI) Turatea Jeneponto yang akan dibangun dalam waktu dekat ini.

 

Laboratorium yang merupakan perangkat penunjang Pendidikan di lingkungan YAPTI Turatea Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ini berlokasi di Kecamatan Bonto Tangnga Jeneponto tepatnya diperbukitan Taman Tayuta dengan taman seluas 4 Hektar itu ditumbuhi berbagai tanaman berupa pohon mangga, jeruk dan pohon bambu Jakarta. 


Dihadapan ketua Yayasan YAPTI, Drs. H. Anwar Rivai, Prof Jasruddin mengatakan, bahwa lokasi ini sangat tepat karena berada dilokasi yang dikelilingi pepohonan, apa lagi memiliki tanah persawahan dan perkebunan yang nantinya bisa menjadi percontohan, "ujarnya.

    

Ia menambahkan, laboratorium sebagai Pusat Kajian Pertanian akan mampu meningkatkan hasil produksi Pertanian, sekaligus kualitasnya akan dapat dijaga secara berkelanjutan, "ujarnya.


Dengan adanya laboratorium, lanjutnya, Pertanian dengan sendirinya akan mendorong meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya Petani.


"Petani-petani ini akan melahirkan produk-produk unggulan hasil silang dan percobaan laboratorium yang berfokus bukan hanya pada hasil, tapi juga pada proses pembenihan "kata Prof. Jasruddin.


Untuk meningkatkan kesejahteraan petani ini, sambungnya, tak hanya perlu bibit unggul, pemupukan sempurna serta ketersediaan air, melainkan petani juga harus diajarkan untuk mengetahui hama penyakit dan penanggulangannya yang sampai saat ini masih menjadi musuh bagi petani.


"Selama ini petani hanya tau bercocok tanam karena bila ada serangan hama mereka hanya pasrah dengan kondisi itu, "ujarnya.


Disisi lain, jika ada laboratorium petani akan belajar keluar dari siklus hama tersebut, tak hanya itu, merekapun akan bisa melahirkan varian-varian baru untuk meningkatkan produktivitasnya, "ujarnya lagi.


Rombongan Prof. Jasruddin diterima oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi YAPTI Turatea Jeneponto Drs. H. Anwar Rivai didampingi para dosen YAPTI masing masing Dr. Maksum Hakim, Sahabuddin Tompo, SPA, SE, MSi, Drs. H. Baso Asdar MM, Drs. H. Syahrir Zaini, M.Pd dan Dr. Rachman. (ab)


Editor : Ramzi/MH

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Prof. Jasruddin Tinjau Lokasi Laboratorium Pertanian YAPTI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel