-->

 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Melalui Buku karyanya, Dr. John Julius Beoekorsjom Sampaikan Pesan Ini

 


Jayapura, Sulawesibersatu.com-Masalah kemiskinan tidak akan berakhir sampai tindakan nyata diambil untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang sebagai bagian dari kontribusi terhadap pembangunan bangsa. Berbagai model kebijakan telah dirancang, baik oleh Pemerintah maupun sektor swasta iarena tnpa kerja sama dan pertimbangan timbal balik yang berkelanjutan, distribusi kemakmuran yang adil bisa disebut ilusi semata.



Hal ini diungkapkan oleh Dr. John Julius Boekorsjom dalam bukunya dengan membuat Pola Pendampingan Masyarakat Desa Dengan Pendekatan Budaya. Dibukunya ini juga memuat kajian tentang Pengembangan Kakao Rakyat di Kabupaten Jayapura dengan Basis Pendampingan Masyarakat yang didalamnya terkandung nilai-nilai budaya yang dianut oleh masyarakat agar menjadi landasan dalam sejumlah proses pendampingan. 


Buku Pola Pendampingan Masyarakat Desa dengan Pendekatan Budaya merupakan hasil kajian yang dilakukannya pada Tahun 2005, yakni sebelum pemekaran Provinsi Papua menjadi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Meski demikian, kajian ini sangat relevan untuk menjadi salah satu referensi dalam rumpun tema serupa.


Buku ini memberi gambaran tentang tingkat konsistensi antara perencanaan dan pelaksanaan program pendampingan dan pengembangan kakao dengan sudut pandang budaya, sebuah pendekatan yang mengutamakan kondisi sosiologis masyarakat sebagai faktor penting. 


Menariknya, buku ini juga dilengkapi dengan contoh : Kuisioner, Pedoman Wawancara dan Pedoman Penelitian sehingga bisa dijadikan referensi bagi para mahasiswa yang akan melakukan kajian dengan metode penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. 


Kajian ini juga memiliki relevansi jangka panjang mengingat Indonesia adalah Negara dengan Keberagaman Budaya Tinggi serta Kekhasannya juga menjadi nilai tambah yang dapat dijadikan acuan untuk pendekatan serupa di Wilayah lainnya.  


Dr. John Julius Boekorsjom mengatakan kepada media melalui rilis Persnya pada Jumat (17/6/2022) bahwa agar buku Pola Pendampingan Masyarakat Desa Dengan Pendekatan Budaya dapat memberi manfaat kepada masyarakat.


"Semoga hadirnya buku ini dapat memberikan manfaat dalam kajian serupa serta menjadi bentuk kontribusi kami sebagai penulis untuk membangun daerah, "ucapnya.


Selain itu sebelum menutup keterangannya, John Julius Boekorsjom selalu berpegang kepada kata-kata bijak yang sering diungkapkan dengan menyatakan, bahwa Karier, Jabatan atau Kekuasaan bisa dibeli atau didapatkan dengan cara tidak wajar, akan tetapi integritas itu jauh lebih bernilai dan lebih berharga dari pada jabatan itu sendiri karena orang yang punya integritas akan terus bersinar dan bercahaya (Jujur, Tulus dan Kasih, "turupnya. (Rz)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Melalui Buku karyanya, Dr. John Julius Beoekorsjom Sampaikan Pesan Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel