-->

 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Expo Peringatan 50 Tahun Bosowa, Produk UMKM Wajo Dipamerkan

 


Makassar Sulsel, Sulawesibersatu.com-Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Dinas Perindagkop UMKM) Kabupaten Wajo memamerkan sejumlah produk UMKM dari Kabupaten Wajo dalam rangka memeriahkan kegiatan Expo memperingati 50 Tahun Bosowa di Mall Phinisi Point Makassar pada 24-26 Pebruari 2023.



Sekitar 30-an dari sebanyak 50-an Produk, para Pelaku UMKM di Wajo dipamerkan dan dijual untuk memeriahkan Expo rangkaian peringatan Golden Anniversary Bosowa Group ini. Produk-produk tersebut antara lain berupa Cemilan Kripik, Kue Trdisional, serta hasil Kerajinan.



Produk-produk yang ditampilkan dari para Pelaku UMKM di Wajo ini telah memenuhi Standar Kelayakan Produk UMKM diantaranya telah memenuhi standar Keamanan dan Kelayakan secara Kesehatan sehingga menjamin Keamanan bagi Konsumen.


Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Kabupaten Wajo, Andi Aso Ashari mengemukakan, bahwa Pemkab Wajo kini sedang  mengembangkan Pemasaran Produk UMKM demi melibatkan dan bersinergi dengan berbagai Pihak. Sementara Di Kabupaten Wajo saat ini telah bertambah sebanyak 10.200 Wirausaha Baru dalam kurun waktu kurang lebih empat Tahun. 


Lebih lanjut, Andi Aso Ashari menjelaskan, bertambahnya Wirausaha Baru UMKM berkat upaya Pendampingan yang dilakukan Pemda dan meningkatnya minat masyarakat menjadi Wirausahawan (Entrepreneurship) UMKM. Kondisi ini menghasilkan sekitar sebanyak 50-an Produk UMKM yang telah memenuhi Kualitas dan Standar untuk dipasarkan secara luas, "ujarnya.


Begitupun dengan Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan UMKM, Dinas Perindagkop dan UMKM Wajo, Andi Rahmayanti mengatakan, keikutsertaan Expo di Makassar adalah berpartisipasi meramaikan 50 Tahun Bosowa, sekaligus upaya memasarkan Produk UMKM di Wajo, "ujarnya.


Menurut Rahmayanti, Produk-produk yang dipamerkan tersebut dihasilkan oleh para Pelaku UMKM dampingan Dinas Prindagkop dan UMKM Wajo. 


"Pendampingan yang dilakukan itu bukan hanya membantu Pendirian UMKM dan Akses Permodalan. Pendampingan terutama untuk peningkatan Kualitas Produk agar memenuhi Standar Kelayakan Produk UMKM agar bisa dipasarkan di Sarana Pasar modern sepeti Swalayan, supermarket dan Minimarket. Selain itu bisa memberi Jaminan Keamanan Produk kepada konsumen, kemudian Kemasan Produk juga dibuat memenuhi standar untuk Keamanan Produk dan Estetika atau Keindahan. Dengan demikian Produk-produk UMKM ini bisa bersaing dengan Kemasan-kemasan Produk Modern, "jelasnya.


Ia menambahkan, jangan sampai hanya Kemasan yang bagus lalu Kualitas dan Rasa Produknya biasa-biasa saja atau bahkan kurang Layak karena jangan sampai Kemasannya bagus dan menarik tetapi isinya tidak enak, "ujarnya.

 

Karena itu, sambungnya, dalam proses Pendampingan kami selalu mendorong agar para Pelaku UMKM tetap menjaga dan terus meningkatkan Kualitas agar Produk-produk UMKM bisa bersaing dengan Produk Pabrikan Modern, "terangnya.


Produk-produk UMKM di Wajo, lanjutnya, saat ini sedang diupayakan Pemasaran di luar Makassar dengan bekerja sama berbagai pihak sebab saat ini Produk UMKM Wajo sudah dipasarkan di Makassar, sebagian sudah mulai masuk ke jaringan Swalayan dan Minimarket, "tambahnya


Produk UMKM Wajo, urainya, juga telah dipasarkan dengan menggunakan sarana Motor Tiga Roda di Makassar dan Jakarta. Untuk di Makassar pada tahap awal ini dilakukan dengan sasaran Penjualan di Kantor-kantor Instansi Pemerintah, Badan Swasta dan Event-event. Sedangkan di Jakarta tahap awal ini dijual melalui Motor Tiga Roda di Wilayah Kemang, Jakarta Selatan, "jelasnya.


Expo 50 Tahun Bosowa


Sementara Expo memperingati 50 Tahun Bosowa berlangsung di Mall Phinisi Point (Pipo) Makassar mulai 24-26 Pebruari 2023. Expo menampilkan tenant-tenant Puluhan Perusahaan Bosowa Group dari berbagai Bidang di Lobi Utama Pipo Mall. 


Puncak peringatan Bosowa Golden Annaversary dilaksanakan pada Jumat 24 Pebruari 2023 di Arena Expo yang dihadiri Founder Bosowa Group, H. Aksa Mahmud dan Presiden Direktur Bosowa Corporation, Subhan Aksa. 

    

Subhan Aksa mengemukakan, dalam 50 tahun Bosowa bertransformasi dari membangun dan mewujudkan impian. Bosowa telah memberikan kontribusi terhadap berbagai Sektor di antaranya Otomotif, Energi, Jasa, Pendidikan dan Perikanan.


Kedepan, kata Subhan, Kebutuhan Kerja, Kesehatan, dan Pendidikan menjadi fokus Bosowa dalam pembangunan Indonesia Bagian Timur agar dapat menerangi seluruh Indonesia, mulai dari Indonesia Timur dengan tiga Filosofi yakni Bekerja Keras, Belajar Terus Menerus dan Berdoa, "pungkasnya. 

  

Berbagai Lomba dilaksanakan di Event tersebut selain itu Event ini juga menghadirkan beberapa artis hiburan diantaranya, Java Jive, Sukma KDI, Sharen Idol, The Dance Kompany, dan Rizky de Keizer. (TIM Media Pemasaran UMKM/Rz)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Expo Peringatan 50 Tahun Bosowa, Produk UMKM Wajo Dipamerkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel