-->


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Kodim 1430/Konut tanam pohon mangrove untuk cegah abrasi di Desa Pasir Putih

 


KONUT ,Sulawesibersatu.com- Personil dari Koramil 1430-01/Lasolo dibawah Kodim 1430/Konawe Utara bersama warga menanam pohon mangrove guna mencegah terjadinya abrasi ombak di Desa Pasir Putih, Kecamatan Sawah, Kabupaten Konawe Utara, Rabu (24/1/2024).


Pjs Danramil 1430-01/Lasolo Letda Inf La Beda yang di wakili Batuud Koramil 01/Lasolo Serma Junaid melalui keterangan rilisnya di Kecamatan Sawah, Rabu mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk menjaga keberlanjutan ekosistem pesisir dan melawan ancaman abrasi ombak sebagai wujud Karya Bhakti Tentara Nasional Indonesia (TNI).


"Inisiatif ini bertujuan untuk mengantisipasi kerusakan bibir pantai akibat abrasi ombak yang terjadi saat air pasang," ujarnya.


Serma Junaid mengimbau masyarakat sekitar agar aktif menjaga dan merawat hutan mangrove yang berfungsi menjaga kelestarian alam dan melindungi wilayah pesisir dari dampak negatif abrasi ombak.


Turut hadir dalam kegiatan ini beberapa tokoh masyarakat dan perwakilan instansi terkait, antara lain Kades Pasir Putih, Perangkat Desa Pasir Putih, Perangkat Kecamatan sawah serta 30 warga masyarakat Pasir Putih.


Serma Junaid menyatakan pentingnya kolaborasi antara TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan.


"Penanaman pohon mangrove ini adalah langkah konkret kita dalam menjaga ekosistem pesisir dan melibatkan masyarakat sebagai agen utama dalam proses ini," ujarnya.


Mangrove dipilih karena kemampuannya yang unik dalam menyerap karbon dioksida, melindungi pantai dari erosi, serta menyediakan habitat penting bagi berbagai jenis flora dan fauna.


"Diharapkan, langkah seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi komunitas lainnya untuk ikut berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan alam," kata dia.


Karya Bhakti TNI Kodim 1430/Konawe diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menjaga keberlanjutan ekosistem pesisir serta memberikan contoh nyata betapa pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga kelestarian alam.(Dany)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kodim 1430/Konut tanam pohon mangrove untuk cegah abrasi di Desa Pasir Putih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel