-->


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Polda Sultra Resmi Mengumumkan Pembukaan Penerimaan Siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) 2024



Kendari,-Sulawesibersatu.com Polda Sultra secara resmi mengumumkan pembukaan Penerimaan Siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) 2024. Pengumuman tersebut ditegaskan oleh Karo SDM Polda Sultra, Kombes Pol Danang Benny, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya pada hari Rabu, 10 Januari 2024.


SIPSS dijelaskan sebagai salah satu program rekrutmen khusus Polri yang terbuka bagi para sarjana, magister, hingga doktor. Pendaftaran untuk SIPSS 2024 dapat dilakukan mulai tanggal 8 Januari hingga 16 Januari 2024.


Menurut Pengumuman Nomor: Peng/ 1 /I/DIK.2.1./2024, rekrutmen ini dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan organisasi melalui pengembangan kekuatan personel Polri Sumber Sarjana. Hanya 100 orang yang beruntung akan diterima dan dididik di Akademi Kepolisian Lembaga Pendidikan dan Latihan (Akpol Lemdiklat) Polri, yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.


Pendaftaran dan ujian/pemeriksaan penerimaan siswa SIPSS 2024 akan diadakan di tingkat daerah oleh Panitia Daerah (Panda) di Polda serta di tingkat pusat oleh Panitia Pusat (Panpus) di Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah.


Kombes Pol Danang Benny menegaskan bahwa penerimaan SIPSS Polri T.A 2024 ini bersifat gratis, "Masuk Polisi Gratis, No KKN, No Calo." tegas mantan Kapolres Bangli Bali itu.


"Polri mengusung prinsip BETAH dalam rekrutmen anggota di 2024 ini, yakni bersih, transparan, akuntabel, dan humanis," tambah Kombes Pol Benny.


Lanjut Kombes Pol Benny menjelaskan, bahwa prinsip BETAH adalah implementasi dari arahan Presiden untuk menjadikan penerimaan Polri lebih transparan, akuntabel, dan menguasai iptek yang kekinian. Bersamaan dengan itu, Polri juga menetapkan prinsip clear and clean, bebas calo dan bebas KKN.


Dalam upaya menjaga transparansi dan akuntabilitas, Polri bekerja sama dengan pihak eksternal seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), perhimpunan psikologi, Dukcapil, Kementerian Pendidikan, serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa proses seleksi berlangsung dengan adil dan objektif.


Kombes Pol Benny menekankan bahwa Polri saat ini mencari bibit terbaik, dengan fokus pada ideologi sebagai pelindung dan pengayom yang melekat pada diri pendaftar.


Pendaftar diharapkan memiliki jiwa menjadi Bhayangkara, dengan motivasi yang benar dan jelas. Proses seleksi ini akan diawasi secara ketat oleh pengawas eksternal yang melibatkan berbagai pihak terkait.


Penerimaan Siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) 2024 menjadi kesempatan emas bagi para sarjana, magister, dan doktor yang memiliki tekad untuk berkontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Dengan prinsip BETAH yang diusung oleh Polri,

“Diharapkan rekrutmen ini akan menghasilkan anggota kepolisian yang berkualitas dan dapat menjawab tuntutan zaman,” tutup Kombes pol Benny.


Cara Mendaftar SIPSS 2024 Polri

Buka website penerimaan.polri.go.id

Pilih jenis seleksi SIPSS di halaman utama

Isi formulir pendaftaran dan semua data dengan benar dan akurat

Jika dinyatakan berhasil, pelamar akan mendapat nomor registrasi online, lengkap dengan username dan password

Masuk atau log in dengan username dan password tersebut untuk masuk ke halaman dashboard

Pelamar akan mendapat hasil cetak formulir registrasi online.

Bawa formulir tersebut ke Polda setempat untuk verifikasi.

Cara Verifikasi di Polda untuk Pelamar SIPSS 2024

Siapkan berkas administrasi asli dan fotokopi rangkap 2:

KTP asli dan fotokopi dilegalisir Disdukcapil setempat

Kartu Keluarga asli dan fotokopi yang dilegalisir Disdukcapil setempat

Akte kelahiran asli dan fotokopi yang dilegalisir Disdukcapil setempat

Ijazah SD, SMP, SMA/SMK/MA/sederajat, D4/S1/S2, serta transkrip nilai asli dan fotokopi yang dilegalisir sekolah/perguruan tinggi yang menerbitkan

Fotokopi sertifikat akreditasi dari BAN-PT yang dilegalisir

SKCK asli yang dikeluarkan oleh Polres setempat dan fotokopi yang dilegalisir oleh Polres yang menerbitkan

Pas foto berwarna ukuran 4 x 6, latar belakang merah 10 lembar

Surat persetujuan orang tua/wali, unduh form di situs penerimaan Polri, dan fotokopi

Surat permohonan menjadi anggota Polri, ditulis tangan dan fotokopi, cek contoh di situs penerimaan Polri

Surat pernyataan belum pernah menikah secara hukum positif atau hukum agama atau hukum adat dan fotokopi, unduh form di situs penerimaan Polri

Daftar riwayat hidup dari hasil cetak form registrasi pada saat pendaftaran online dan fotokopinya

Surat perjanjian ikatan dinas pertama anggota Polri dan fotokopi, unduh form di situs penerimaan Polri

Surat pernyataan tidak terikat perjanjian dengan instansi lain dan fotokopi, unduh form di situs penerimaan Polri

Surat pernyataan orang tua/wali untuk memberikan keterangan dan dokumen sebenar-benarnya dan fotokopi, unduh form di situs penerimaan Polri

Surat penyataan peserta dan orang tua/wali untuk tidak melakukan KKN dan gunakan sponsorship atau ketebelece dan fotokopi, unduh di situs penerimaan Polri

Pendaftar datang tanpa diwakili ke Polda setempat dengan membawa hasil cetak formulir registrasi online serta berkas administrasi.

Melaksanakan pengukuran tinggi dan berat badan dengan alat ukur yang sudah ditera/kalibrasi oleh badan meteorologi atau lembaga yang memiliki sertifikasi 1 tahun terakhir sebelum digunakan.

Peserta yang dinyatakan lengkap menyerahkan administrasi pendaftaran dan sudah melakukan pengukuran tinggi badan akan diberikan nomor ujian oleh panitia daerah untuk ikut seluruh tahapan seleksi.


Nah, itu dia cara mendaftar SIPSS 2024 Polri. Semoga bermanfaat!. (red)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Polda Sultra Resmi Mengumumkan Pembukaan Penerimaan Siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) 2024"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel