-->


 

 



 

 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Kodim 1430/Konawe Utara Tanam 3000 Bibit Pohon Mangrove Dan Pohon Kelapa Sambut HUT Ke 67 Kodam XIV Hasanuddin Tahun 2024




KONUT,Sulawesibersatu.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 67 Kodam XIV Hasanuddin, Kodim 1430/Konawe Utara, menggelar kegiatan karya bakti penanaman 1500 pohon mangrove Dan 1500 Pohon Kelapa. Dalam kegiatan Karya bakti tersebut sebanyak 3000 bibit pohon yang ditanam, sebagai bagian dari upaya pelestarian lingkungan, yang dilaksanakan di Pesisir Pantai Wilayah Koramol 1430-01/Lasolo Desa Lambuluo Kecamatan Motui Kabupaten Konawe Utara, Jumat (24/05/2024.

Kegiatan karya bakti ini diawali dengan Apel pengecekan dilokasi penanaman dipimipin oleh Dandim 1430/Konut Letkol Kav Sofyan dan dihadiri Mayor inf umar sachruni
(Kasdim 1430/ Konut), La Onjo (Asisten 3 Mewakili Bupati Konut), Kapten Inf Samuri (Pasi Ter Kodim 1430/ Konut), Kapten Inf Arifuddin ( Pasi Ops Dim 1430/Konut), Letda Inf La Beda (Danramil 1430-01/Lasolo), Peltu Arifin ( Memewakili Pos Lanal Molawe),Ipda Fahri (Polsek sawa), Irwan .K (Kades Lambuluo), Personil Kodim 1430/ Konut, Ibu- ibu Persit Kodim 1430/Konut, Masyarakat Dusun 3 Desa Lambuluo Kec.Motui Kab.Konut.

"Terimakasi kami ucapkan kepada seluruh pihak yang hadir dalam kegiatan karya bakti penanaman pohon ini. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke 67 Kodam XIV Hasanuddin, dan bagian dari karya bakti sosial Kodim 1430/Konawe Utara."kata Dandim Letkol Kav Sofyan saat memimpin Apel. 

Dandim 1430/Konawe Utara Letkol Kav Sofyan menambahkan, Ada satu pertanyaan kami memilih penanaman mangrove dan pohon keras, Tentunya bukan hanya kontemplasi tetapi kita melihat situasi di lapangan bahwa situasi di seluruh dunia saat ini kita di hadapkan dengan permasalahan lingkungan artinya masalah lingkungan ini sesuatu yang sangat prioritas.

"Pada tahun 2007 negara kita memiliki hutan mangrove seluas 7,7 Juta Hektare di ambil berdasarkan citra satelite kemudian tahun 2009 terjadi penurunan hutan mangrove menjadi 3,3 juta Hektare tapi pada tahun 2017 dengan metode yang sama luas mangrove kita seluas 3,5 juta hektare artinya terjadi penurunan atau degradasi yang sangat signifikan tetapi kenaikannya tidak signifikan, ini sesuatu yang harus kita waspadai sehingga Kami dari Kodim 1430/Konawe Utara mencoba mengajak masyarakat dalam rangka HUT Kodam XIV/Hasanuddin yang ke 67 untuk kita bersama sama menanam mangrove dan menerima situasi yang ada dari energi fosil menjadi baru terbarukan Enviti”

Dandim 1430/Konut menyampaikan bahwa hutan tropis yang merupakan pengendali dari dampak lingkungan yang merupakan bagian penting dari hutan mangrove, saya perlu jelaskan bawah Jangan sempat di hutan tropis menjadi satu satunya hutan yang menghadapi/Menghubah paru paru dunia tetapi harus ada hutang mangrove. Di samping itu juga Indonesia sebagai negara terbsesar yang memiliki hutan mangrove jadi Indonesia ada 20% Hutan mangrove artinya ini sangat luar biasa oleh Karna itu kita harus jaga kemudian hutan tropis kita juga mengalami deportasi dari tahun ke tahun walaupun di Indonesia sekarang sudah menunjukkan hal hal yang positif dan sudah bisa mengurangi deportasi tersebut. Ini gunanya mangrove untuk mencegah abrasi dan juga ekosistem laut sehingga akan berdampak pada masyarakat dimana ekosistem laut nya yang bersih otomatis biota lautnya jg akan hidup di area area tersebut sehingga akan memberikan dampak luar biasa bagi nelayan dan Hasil perikanan mereka juga meningkat, dimana khususnya Konawe Utara merupakan pelintasan penting dalam skema alur laut kepulauan Indonesia yang kita kenal dengan ALKI 3 sebagai penghubung Benua Benua Eropa dengan pusat sentral perekonomian global ASIA”. Ungkap Dandim 1430/Konut

Khususnya wilayah teritorial Kodim 1430/Konut, sebanyak 3000 pohom yang kita tanam dan dilaksanakan selama 3 Hari, yakni pada tanggal 22,23 dan 24 Mei 2024. Sebanyak 1500 bibit pohon Mangrove dan 1500 Pohon Kelapa yang di tanam di wilayah Desa Lambuluo Kecamatan Motui Kabupaten Konawe Utara.

Sesuai dengan tema yang di usung oleh Kodam XIV Hasanuddin, "Bersatu Dengan Alam Untuk Indonesia Hijau". Untuk itu sebagaimana kita ketahui bersama bahwa dengan menanam pohon merupakan investasi jangka panjang untuk bumi”. Terang Dandim Letkol Kav Sofyan.

Sementara itu Irwan .K (Kades Lambuluo) menuturkan bahwa Desa Lambuluo Kec.Motui sebagian besar penduduknya tinggal di pesisir Pantai. 

Olehnya itu, "Dengan adanya kegiatan menanam pohon mangrove yang di inisiasi Kodim 1430/Konawe Utara, kami warga masyarakat Kecamatan Motui sangat senang dan berterimakasih, dimana Pohon mangrove dan pohon kelapa ini selain bisa dijadikan sebagai sumber mata pencaharian juga bisa dimanfaatkan untuk mencari makan sehari hari seperti kepiting kerang dan bahkan kedepannya dapat bermanfaat bagi generasi berikutnya."

Atas nama Pemerintah dan warga Kecamatan Motui mengucapkan, "Selamat Memperingati Hari Ulang Tahun Ke-67 Kodam XIV Hasanuddin, Semoga Profesional dan di cintai Rakyat." Tutup Kades Lambuluo.(Dany)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kodim 1430/Konawe Utara Tanam 3000 Bibit Pohon Mangrove Dan Pohon Kelapa Sambut HUT Ke 67 Kodam XIV Hasanuddin Tahun 2024"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel