-->

 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Syukuran Dan Pesta Panen Masyarakat Tani

 


Majene Sulbar, SulawesiBersatu.com-Syukuran dan Pesta Panen Masyarakat Tani dilaksanakan di Dusun mannyamba Timur Desa Mannyamba Kecamatan Tammeroddo Sendana Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) pada Rabu (1/5/2024).


Turut hadir pada kesempatan ini  Bupati Majene, H. Andi Achmad Syukri, SE, MM, Camat Tammeroddo Sendana, Pj Kepala Desa Mannyamba, Sekdis Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Majene, para Kepala Desa se-Kecamatan Tammeroddo Sendana, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Bhabinkantibmas, Babinsa, Para Kepala Dusun, Forkopimda serta masyarakat Dusun Manyamba Timur.


Kegiatan ini telah lama digelar selama bertahun-tahun oleh masyarakat Mannyamba Timur sebelum dan sesudah melaksanakan Panen.


Pj Kepala Desa Mannyamba, Muh. Saleh, S.Hi yang juga selaku Kepala Seksi Bidang PMD Kecamatan Tammeroddo Sendana dalam sambutannya mengatakan, bahwa Pesta Panen yang dilaksanakan oleh masyarakat Dusun Mannyamba Timur adalah merupakan kegiatan rutinitas yang biasa dilaksanakan setiap Tahunnya setelah Panen dan sebelum membuka lahan, "ujar Saleh.


Saleh menambahkan, kegiatan ini menjadi Tradisi di Dusun Manyamba Timur ini dan tidak bisa masuk membuka lahan kalau tidak melakukan Pesta atau Syukuran yang mana rangkaian kegiatannya itu di dahului dengan mengunjungi atau berziarah ke makam Tau Salama Tuan di Bulo-bulo, "ungkapnya.


Untuk Tahun ini, kata Saleh, secara khusus Penanaman Padi Ladang di Dusun Mannyamba Timur itu ada sekitar 70 Hektar yang di tanami Padi Ladang, namun karena pengaruh cuaca Elnino maka keberhasilan Padi Ladang ini sangat berkurang, "jelasnya.


Begitupun dengan Camat Tammeroddo Sendana, Edi Bastian, SE menjelaskan jika dirinya telah menyampaikan ajuan permohonan kepada Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) terkait Pembibitan Duren Buaya dan itu sudah bisa dilaksanakan dengan metode Penelitian yang dilakukan oleh Unsulbar, "ujar Edi. 


Selain itu, Edi juga meminta kepada Dinas Pertanian Dan Perkebunan selaku Pembina secara Tekhnis untuk hadir dalam proses pelaksanaan Pembibitan Duren Buaya nantinya, "urainya.


Ada sekitar 1000 (Seribu), tambah Edi, Bibit Duren Buaya yang akan kita kembangkan nanti karena secara histori tentu Pembibitan ini sudah sangat langkah sekali dan jarang ditemukan sementara Bibit atau Komoditi tersebut sangat diharapkan masyarakat di Lingkungan Ratte Tarring untuk bisa di kembangkan di Desa Mannyamba khususnya di Kecamatan Tammeroddo Sendana ini, "jelas Edi.


Dalam sambutan dan laporan kami,  sambung Edi, di depan Bupati Majene H. Andi Achmad Syukri, SE, MM dalam rangkaian kegiatan ini, beliau mengucapkan terima kasih banyak kepada kita di Pemerintah Kecamatan Tammeroddo Sendana beserta Pemerintah Desa Mannyamba dan kepada seluruh lapisan masyarakat Desa mannyamba khususnya masyarakat Kecamatan Tammeroddo Sendana atas Undangannya ke Pesta Panen ini, "jelas Edi. 


Tak lupa pula, lanjut Edi, Bupati juga menghaturkan rasa hormat kepada Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan Tokoh Pemuda khususnya di Dusun Mannyamba Timur yang selama ini mengawal dan mengawasi kegiatan Pemerintah Kabupaten Majene sehingga terlaksana dengan baik, "tegas Edi.


Disisi lain, Bupati berharap semoga Pesta Panen ini yang dilaksanakan dari Tahun ke Tahun kedepannya bisa menghasilkan hasil Panen yang lebih baik lagi, "tutupnya. (ABI)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Syukuran Dan Pesta Panen Masyarakat Tani"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel