-->


 

 



 

 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa Ke-120 TA 2024

 


Majene Sulbar, Sulawesibersatu.com-Upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) menandai berakhirnya Program TMMD ke-120 yang dilaksanakan secara serentak dimulai pada Tanggal 8 Mei sampai dengan 7 Juni 2024, Pelaksanaan upacara penutupan TMMD di Lapangan Samaturu Pellattoang Desa Tammeroddo Kecamatan Tammeroddo Sendana Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) pada Jum'at (7/6/2024).


Turut Hadir pada kesempatan ini, Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Deni Rejeki, SE, M.Si, Dandim 1401/Majene Letkol CZi Made Bagus Asmara Putra, ST, MIP, Sekda Kabupaten Majene, Ardiansyah, S.STp, Kapolres Majene, Para Forkopimda bersama, Camat Tammeroddo Sendana, Para Kepala Desa (Kades) dan masyarakat setempat.


Perlu diketahui bersama, pelibatan TNI dalam program Pemerintah pada dasarnya telah sesuai dengan amanat dalam Undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2024, khususnya tentang tugas TNI pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu memberdayakan Wilayah Pertahanan secara dini sesuai dengan sistem Pertahanan semesta dan membantu tugas Pemerintah di Daerah, khususnya dalam aspek Pembangunan Kualitas dan Kesejahteraan masyarakat.


TNI bersama Pemerintah Daerah dan POLRI serta berbagai komponen masyarakat bahu membahu menyelesaikan sasaran TMMD ke-120 baik fisik maupun non fisik, hal tersebut sejalan dengan tema TMMD yaitu "Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Wilayah".


Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh satuan jajaran Kodam XIV/Hasanuddin pada TMMD ke 120 kali ini antara lain adalah Program RLTH, Peningkatan Jalan Tani, Perintisan Jalan sepanjang 4.500 meter dan Pembuatan Jembatan 2 Unit, Pembuatan Drainase/Irigasi, Pembuatan Duicker 8 buah, Rehab Masjid 1 Unit, Rehab Rumah 1 Unit.


Pada program unggulan Kasad yaitu, Manunggal Air berupa pembuatan Bak Penampungan Air Bersih dan Pipanisasi, Ketahanan Pangan seluas 1 hektar, Sedangkan, sasaran non fisik diarahkan pada menumbuhkan kekebalan dalam menghadapi isu-isu disintegrasi Bangsa diantaranya Penyuluhan tentang Hukum, Wawasan Kebangsaan, Bahaya Narkoba, Kesehatan, Perikanan, Peternakan, Kamtibmas dan Penggunaan Media Sosial serta menambahkan Materi Stunting (Gizi Buruk), Posyandu dan Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular).


Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Deni Rejeki SE, M.Si mengatakan, bahwa alhamdulillah kita sudah menuntaskan seluruh program TMMD dengan aman dan lancar, sehingga pembangunan secara fisik yang sudah kita lakukan bersama sama masyarakat, tentunya nanti bisa di manfaatkan dan kemudian di pelihara dan tentunya dari Pemerintah Daerah bisa meningkatkan lagi, "ujarnya.


Brigjen TNI Deni Rejeki menambahkan, dari apa yang sudah di kerjakan oleh TMMD ini, dari hasil semua ini masyarakat bisa merasakan langsung manfaatnya, sebagaimana membuka perekonomian yang tentunya masyarakat membawa Hasil buminya untuk di jual, "tandasnya.


Kembali Brigjen TNI Deni Rejeki Menambahkan bahwa sebelum mengakhiri ada amanat dari Panglima Kodam XIV/Hasanuddin selaku PKO TNI Manunggal Membangun Desa melalui saya, menyampaikan beberapa pesan dan harapan sebagai berikut :


Pertama, pertahankan semangat kebersamaan dan Kemanunggalan antara TNI-Rakyat dengan selalu hadir di tengah masyarakat dan membantu menyelesaikan masalah serta memberikan kontribusi untuk kesejahteraan masyarakat. Jangan mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak Persatuan dan Kesatuan Bangsa.


Kedua, tingkatkan semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini guna menjaga Imunitas Bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan terhadap Keutuhan Wilayah dan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Ketiga, pelihara hasil program TMMD ke-120 ini, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.


Keempat, kepada para Dansatgas TMMD ke-120, lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada mendatang.


Kelima, kepada para prajurit TNI, Polri dan Dinas terkait yang tergabung dalam Satgas TMMD, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi dan kerja keras kalian. Dengan selesainya kegiatan ini, segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan, "tutupnya. (ABI)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa Ke-120 TA 2024"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel