-->
 

 



 

 



 

Mengubah Minuman Keras Tuak Ballo' Khas Suku Bugis-Makassar Menjadi Hand Sanitizer

 


Takalar Sulsel,Sulawesibersatu.com-Hand Sanitizer adalah salah satu cairan antiseptik yang merupakan disinfektan dengan kandungan jenis alkohol yang terbilang sangat tinggi. Hal inilah yang membuat Polisi Resort (Polres) Takalar menciptakan suatu terobosan dari minuman khas suku makassar Tuak Ballo' menjadi Hand Sanitizer. 


Tuak Ballo' mempunyai kadar alkohol yg cukup tinggi yakni sebesar 42 Persen dan mampu membunuh kuman disekitar tangan. Kapolres Takalar AKBP Beny Murjayanto yang dikonfirmasi di Aula Mapolres Takalar saat melaunching Hand Sanitizer yang terbuat dari Tuak Ballo dan Aspirasi Online pada Selasa (24/11/2020) mengatakan, bahwa Tuak Ballo' banyak dimanfaatkan masyarakat menjadi Minuman Keras (Miras) yang sia-sia untuk mabuk-mabukan saja makanya saya perintahkan agar Miras yang mempunyai kandungan Alkohol tinggi ini untuk diolah menjadi Hand Sanitizer karena bahan Tuak Ballo' yang kami buat ini nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat, ”ujarmya.


Ia menambahkan, Tuak Ballo' ini  terbuat dari jenis pohon lontar atau istilah masyarakat kabupaten Takalar Ballo Tala’ telah dikoordinasikan dengan pihak Kimia Farma yang diproses melalui penyulingan untuk dibuatkan Hand Sanitizer dengan cara menambahkan aroma parfum sesuai keinginan, ”ungkap jebolan AKPOL Tahun 1999 yang lahir di Sleman.


Hand Sanitizer yang kami buat ini, lanjutnya, untuk sementara dalam Lounching ini kita buat hanya 200 botol saja untuk digunakan oleh Personil dan proses pembuatannya itu memakan waktu 3 hari lamanya dan Hand Sanitizer buatan ini rencananya akan kami buat lebih banyak lagi untuk dibagikan secara gratis ke masyarakat di pasar-pasar Kabupaten Takalar, pungkasnya. (Farid S/Usman A)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengubah Minuman Keras Tuak Ballo' Khas Suku Bugis-Makassar Menjadi Hand Sanitizer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel