-->

 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Seminar Moderasi Beragama Nasional

 



Makassar Sulsel, Sulawesibersatu.com-Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Studi Agama-Agama (SAA) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) menggelar acara Seminar Nasional dengan mangusung tema "Merajut Persaudaraan dalam Moderasi dan Ekologi demi Memperkokoh NKRI" yang dilaksanakan di _Lecture Teater_ UIN Alauddin Makassar Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Senin (17/10/2022).



Seminar ini juga menghadirkan beberapa Narasumber diantaranya, Dosen Prodi SAA, Wakil Ketua Bidang Kesehatan dan Sosial Kemanusiaan PHDI Sulsel, Dosen Pascasarjana IAKN Toraja, Ketua PERMABUDHI Makassar, Humas dan Pemerintahan Majelis Rohani Nasional Baha'i Indonesia dan Kapolrestabes Makassar serta dihadiri sebanyak 134 Mahasiswa dari beberapa Kampus yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Dr. Muhsin Mahfudz, M. TH. I sekaligus menjadi Keynot Speaker dalam Seminar Moderasi.



Ketua Panitia, Fitria Surahman mengatakan, bahwa Seminar Nasional Moderasi beragama merupakan rangkaian acara Milad SAA yang ke-50 Tahun pertama kali diadakan dan sekaligus sebagai pembuka seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu minggu kedepan mulai dari Tanggal 17 hingga 22 Oktober 2022 nanti yang dirangkaikan dengan Lomba Keolahragaan, Keagamaan dan Akademik se-UIN, "ujarnya.



Begitupun dengan Ketua HMPS SAA, Andi Indah menyampaikan, bahwa selain dari pada Seremonial Milad SAA, kegiatan ini juga sebagai Wadah untuk saling mengenal dengan berbagai Agama lain agar menjadi Sosialisasi Moderasi Beragama dimana Mahasiswa SAA yang harus menjadi Garda terdepan untuk mensosialisasikan Moderasi Beragama dan menjadi Agen Perdamaian Dunia, walaupun kita berbeda dalam Keyakinan, Agama, Adat namun Bahasa kita tetaplah Saudara dalam Kemanusiaan, "ujarnya.


Adapun hal yang menarik disampaikan oleh salah satu Narasumber Seminar yaitu bahwa Moderasi bukanlah basa-basi semata sehingga Sinegritas antar Lembaga dan seluruh Eleman masyarakat harus bahu-membahu membumikan Moderasi dan tetap menjaga Kelestarian Ekologi khususnya di Daerah Sulawesi Selatan (Sulsel) ini.


Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan Pengaruh Besar terkhusus bagi Kalangan Akademik dan Mahasiswa guna mendorong terciptanya Indonsia yang damai sehingga seluruh Elemen masyarakat yang berbeda Agama, Kepercayaan, Adat serta Tradisi dapat hidup berdampingan sebagaimana cita-cita Pendiri Bangsa ini. (MH)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Seminar Moderasi Beragama Nasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel