-->


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Modal Sarung, Babinsa Lasusua Salurkan Bantuan Pangdam Hasanudin di Sultra



Kolut,Sulawesibersatu.com –Bermodalkan sarung untuk membawa paket sembako bantuan Pangdam XIv/Hsn , 2 (dua) orang Babinsa Kodim 1412/Kolaka Korem 143/Halu Oleo  menyusuri tebing dengan sarana seadanya untuk membantu warga Sultra yang terdampak banjir Bandang di  Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara.



Hal ini dikatakan oleh Kapenrem 143/HO Mayor Arm Sumarsono dalam rilisnya, Kendari, Sultra, (21/12/2020).



Diungkapka Kapenrem, peduli korban banjir bandang di Sultra, Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Andi Sumangerukka menyalurkan 600 paket Sembako di 3 (tiga) kecamatan yang berada di Kabupaten Kolaka Utara.


"Dari informasi yang didapat, banjir bandang yang dialami kecamatan Lasusua, Rante Angin dan Wawo pada hari Kamis (17/12/2020) malam  diperkirakan merusak 739 rumah warga,"ujar Mayor Arm Sumarsono.


Sebagai satuan kewilayahan, lanjut Sumarsono jajaran Korem 143/HO dalam hal ini Kodim 1412/Kolaka langsung merespon dengan mengerahkan para Danramil dan Babinsa nya untuk membantu mengevakuasi dan membantu warga yang terdampak banjir bandang.


"Tidak saja jajaran Korem dan Kodim yang merespon cepat  esok paginya (Jumat, 18/12/2020) Pangdam XIV/Hsn, Mayjen TNI Andi Sumangerukka memberikan bantuan sembako sejumlah 600 paket," terang Sumarsono.


Sumarsono menambahkan, kepedulian Mayjen TNI Andi Sumangerukka itu diharapkan tidak hanya membantu warga yang tengah kesulitan, namun juga dapat menginspirasi pihak lain untuk bersama membantu korban banjir bandang.


Seperti yang dilakukan 2 (dua) orang Babinsa Koramil 1413-03/Lasusua yaitu Serda Rusman dan Serda Imran mengajak warga menyalurkan sembako ke Desa Batu Ganda dan Desa Pitudua yang terisolir akibat banjir bandang" ucap Sumarsono.


Dikatakannya lebih lanjut, kedua wilayah tersebut terisolir dan menghambat penyaluran bantuan untuk warga yang terdampak banjir bandang.


"Berkat tekad yang kuat, dengan bermodalkan Sarung dan tas, pada hari Sabtu (19/12/2020) para Babinsa dan warga pun menyusuri tebing dengan menggunakan tali dan akar pohon yang ada untuk bisa tembus kesana,"tegas Sumarsono.

 

Senada dengan disampaikan Kapenrem, Dandim 1412/Kolaka Letkol Inf Risa Wahyu Puji Setiawan menyampaikan bahwa jajaranya mengerahkan para Danramil dan Babinsa untuk menyalurkan bantuan sembako bagi warga terdampak banjir di Kolaka Utara.


“Sejumlah 600 paket Sembako dari Pangdam XIV/Hsn kita distribusikan ke lokasi banjir bandang dan secara khusus di dua desa  Kecamatan Lasusua, yaitu Desa Pitudua dan Batu Ganda baru dapat ditembus hari Sabtu kemarin karena akses disana terputus dan sarana yang ada terbatas,"tegas Risa Wahyu, Senin (21/12/2020)


Selain bantuan dari Pangdam, Risa katakan juga bahwa pihaknya bersama BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) serta masyarakat Kolaka Utara membantu mengevakuasi maupun menyalurkan  bantuan- bantuan dari berbagai pihak.


"Alhamdulillah meski dengan beberapa kendala , hingga saat ini penyaluran bantuan ke beberapa lokasi  berjalan dengan baik,"ucap syukur Risa Wahyu


"Kedepan akan kami koordinasikan dengan BPBD dan Pemda maupun pihak terkait lainnya untuk mengelola berbagai bantuan sehingga dapat disalurkan secara tepat, termasuk akan dipertimbangkan alternatif jenis bantuan lainnya seperti air bersih, obat-obatan, pakaian layak pakai maupun lainnya,” pungkas mantan Danyonif Para Raider 501/BY Kostrad itu.


(Dany )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Modal Sarung, Babinsa Lasusua Salurkan Bantuan Pangdam Hasanudin di Sultra"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel