-->

 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Bulan Ramadhan,Babinsa Koramil 1416-05/Maligano Kodim 1416/Muna Bawakan Ceramah Agama di Masjid An-Nur Desa Moolo

 


Muna,sulawesibersatu.com-Babinsa Koramil 1416-05/Maligano Kodim 1416/Muna Serda La Ode Isran Nsabara melaksanakan Sholat Isya secara berjamaah dilanjutkan dengan membawakan ceramah agama yang berjudul "BULAN SUCI RAMADHAN MERUPAKAN KUNCI SUKSES KEDEPANNYA ", yang bertempat di Masjid An-Nur Desa Moolo Kec. Batukara Kab. Muna,(25/3/2023).


Dalam Ceramah agamanya Serda Laode Isran mengatakan bahwa Ramadhan merupakan bulan yang sangat di nanti-nanti umat Islam di seluruh dunia sejak zaman dahulu hingga saat ini. Semua itu tidak lain karena ingin mendapatkan keberkahan, rahmat, dan anugerah dari Allah di dalamnya. Karenanya, mari kita maksimalkan ibadah dan semua kebajikan sosial pada bulan ini.


"Dengan harapan agar mendapatkan semua keberkahan bulan Ramadhan. Memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan tidak hanya dengan menjaga puasa, tadarus Al-Qur’an, dan tarawih, namun juga harus menjaga hubungan baik dengan sesama. Berbuat baik kepada sesama di bulan Ramadhan merupakan salah satu ibadah yang sangat agung di bulan Ramadhan. Misalnya dengan cara bersedekah, memberi makan kepada orang yang berpuasa, dan lainnya.


Imam Abu Hasan Al-Mawardi (wafat 450 H), dalam kitabnya mengatakan bahwa bahwa di bulan Ramadhan sangat dianjurkan untuk memperbanyak sedekah yang kita berikan kepada orang lain, melebihi ukuran sedekah yang kita berikan pada umumnya.


"Menganjurkan kepada kita semua untuk menambah kadar sedekah yang biasa kita berikan kepada orang lain pada bulan Ramadhan, sebagai kepatuhan dan tindakan mengikuti jejak Nabi SAW, serta karena kebutuhan umat Islam lebih banyak pada bulan ini, karen​​​​​​a mereka yang biasa sibuk bekerja, justru sibuk dengan puasa dan beribadah.


"Secara umum, apa yang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad saw menjadi bukti kepada kita, bahwa di bulan Ramadhan selain memaksimalkan ibadah dan ketaatan di dalamnya, juga tidak kalah penting untuk menjalin solidaritas sosial dengan sesama. Menjadi manusia yang dermawan adalah salah satu bukti bahwa kita sangat antusias dalam mengikuti teladan yang Nabi saw contohkan. Sedekah yang dilakukan pada bulan Ramadhan merupakan sedekah paling utama. Artinya, pahala yang didapatkan dari sedekah tersebut lebih banyak daripada sedekah yang dilakukan pada bulan-bulan yang lainnya."


"Semua yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW sangat penting untuk kita tiru bersama, mulai dari cara beribadah, cara berpuasa, dan cara dalam memperlakukan orang lain di bulan Ramadhan.tuturnya.(Dy/Pen)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bulan Ramadhan,Babinsa Koramil 1416-05/Maligano Kodim 1416/Muna Bawakan Ceramah Agama di Masjid An-Nur Desa Moolo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel