-->


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Komenwa Indonesia Laksanakan Upacara Peringati Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023

 


Jakarta,  Sulawesibersatu.com-Dengan kesadaran pentingnya memahami nilai-nilai Perjuangan, merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia  khususnya Agresi Belanda Ke II Tahun 1948, maka Komenwa Indonesia  melaksankan Upacara memperingati Hari Bela Negara (HBN) dengan Irup Aster Panglima TNI, Mayjen TNI M. Syafei Kusno SH, MH yang bertempat di Mabes Komenwa Indonesia Jalan Tomang Raya Nomor 53 Jakarta Barat (Jakbar) dengan melibatkan lebih dari 1 Batalion Komenwasus 9 Djadayat di bawah Pimpinan Ir. Nuradi, SH, MH. 


Juga ikut hadir para Senior Komenwa dari berbagai Pergurunan Tinggi di DKI dan Anggota LVRI DKI. Upacara dilaksanakan dengan tertib dan hikmat terlebih ketika dibacakan  Ikrar HBN oleh Dankomenwa Indonesia, Dr. Datep dengan Komandan Upacara Wakil Dankomenwa, Awaluddin, M.Si.


Disamping Upacara rangkaian kegiatan HBN yang dilaksanakan oleh Komenwa, Komenwa juga melaksanakan kegiatan tali asih kepada LVRI Mada DKI yang di terima oleh Ketua Mada LVRI DKI Bapak Marda TNI (Purn) Sri Budjono.


Lebih menarik pada HBN ini Komenwa Indonesia menggelar Diskusi  tentang pentingnya Pertahanan Negara terkait posisi Komenwa sebagai Komponen Pendukung dengan menampilkan Narasumber dari Mabes TNI, Lemhanas, Pengamat Militer, Pakar Pertahanan Negara, Komandan Komenwa Indonesia  yang di pandu oleh Moderator handal Sabena Rangkuti Dosen tetap Universitas Mecubuana.


Adapun para Narasumber adalah sebagai berikut :

1. Aster Panglima TNI, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, SH, MH.

2. Tenaga Ahli Pengajar Bidang Geopol dan Wasantara Lemhanas RI, Laksda TNI Rachmat Hartoyo, S.Sos, MM, CHRMP

3. Danko Komenwa Indonesia

Dr. H. Datep Purwa Saputra, S.Sos, MM, MH, MBA.

4. Pakar Pertahanan Negara, Mayjen TNI (Purn) Adi Sudaryanto, S.Ip dan

5. Pengamat Militer,

Dr. Wibisono, SH, MH.


Hasil diskusi sepakat Komenwa harus berperan untuk kepentingan Bangsa dan Negara untuk itu Negara harus hadir membina dan mendayagunakan Menwa sesuai UU 23/2019 tentang PSDN Untuk Pertahanan Negara.


Pada akhir sambutannya Aster Panglima mengharapkan agar Komenwa sebagai Kaum Intelektual harus bisa berperan aktif dalam meningkatkan terwujudnya Kekuatan Pertahanan Negara sebagai kompomen pendukung sesuai Perundang-undangan yang berlaku.


Dalam menghadapi perang Asimetris diharapkan para Anggota Komenwa yang berlatar belakang IT bisa membantu di Bidang Syber Crime, maka masalah Bela Negara harus disadari oleh Menwa dan seluruh Komponen Bangsa bahwa Bela Negara adalah Kehomatan.


Datep Dankomenwa pada saat wawancara  menyampaikan bahwa harapan HBN ini ingin lebih menyemangati pentingnya para Mahasiswa Generasi Milenium 4.0 ikut peduli dalam mempersiapkan  Pertahanan dan Keamanan Negara sesuai UUD 45 Pasal 30 ayat 1. 


Dankomenwa yang juga Mantan Kasmenwa dan Komandan Menwa Jayakarta menghimbau agar seluruh anggota komenwa se-Indonesia untuk melaksankan Pesta Demokrasi 5 Tahuan melalu pelaksanan *Pemilu Damai* 


Selamat Hari Bela Negara. *"KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”*. 

Penulis : Laely Jurnalis ANTARA

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Komenwa Indonesia Laksanakan Upacara Peringati Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel